10 Tempat Destinasi yang Wajib Dikunjungi di Malaysia Tahun 2023

10 Tempat Destinasi yang Wajib Dikunjungi di Malaysia Tahun 2023

Negara Malaysia memang patut dipertimbangkan sebagai destinasi liburan Anda di tahun 2023. Selain menjadi representasi sempurna dari Asia, negara ini terkenal dengan kebersihan dan kemakmurannya yang melampaui negara-negara Asia lainnya. Keindahan alam tropis dan kekayaan budayanya yang khas dapat membuat Anda terpesona. Apabila Anda ingin mengeksplorasi tempat-tempat menakjubkan di Malaysia, terdapat banyak pilihan seperti resor dataran tinggi, taman air terjun, situs bersejarah, taman hiburan, pulau-pulau indah, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah 10 tempat indah terbaik yang wajib dikunjungi di Malaysia pada tahun 2023.
1. Langkawi

Langkawi merupakan destinasi wisata yang sangat menarik di Malaysia. Keindahan perbukitan hijau, pantai putih yang mempesona, serta laut biru yang jernih membuat Langkawi menjadi salah satu pulau liburan yang paling populer di Malaysia. Tak hanya itu, Langkawi juga menjadi titik awal atau akhir yang populer bagi perjalanan Malaysia yang terorganisir. Pulau ini terdiri dari 99 pulau yang terletak di Laut Andaman, sekitar 30 kilometer dari daratan Malaysia barat. Meskipun hanya beberapa pulau yang berpenghuni, namun Pulau Langkawi sebagai pulau utama menjadi tempat wisata yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa.

Langkawi memiliki beberapa pantai yang sangat memukau, lengkap dengan hotel dan resor yang mewah. Selain itu, bagi para pecinta alam, Langkawi juga memiliki pedalaman yang penuh dengan perbukitan, lembah, gunung, gua, dan hutan yang sangat cocok untuk dijelajahi dengan skuter. Namun, jangan berharap terlalu banyak dengan kehidupan malam yang meriah dan keramaian backpacker. Pengunjung Langkawi umumnya lebih tua dan datang ke sini untuk beristirahat dan menikmati keindahan alam yang luar biasa.

2. Dataran Tinggi Cameron

Cameron Highlands telah menjadi tujuan wisata favorit di Malaysia sejak akhir abad ke-19. Apapun alasan yang membuat hidupmu terasa membosankan dan melelahkan, datanglah ke Cameron Highlands! Cuaca sejuk, perkebunan teh hijau, serta pertanian stroberi dan sayuran akan menyegarkan pikiranmu. Terletak di Malaysia barat, 150 kilometer dari ibu kota Kuala Lumpur, pegunungan hijau yang menakjubkan ini terkenal dengan perkebunan teh yang membentang di area tertinggi di daratan Malaysia. Pemukim Inggris sangat terpikat dengan daerah ini karena tanahnya sangat subur dan cocok untuk menanam teh. Tidak hanya itu, di Cameron Highlands, kamu juga bisa menikmati teh dengan scone yang lezat. Jangan sampai ketinggalan untuk berkunjung ke sini!

3. Kuala Terengganu


Kuala Terengganu, kota yang sering diabaikan, sebenarnya merupakan salah satu kota terbesar di Malaysia dan memiliki keindahan yang menakjubkan. Terletak di timur laut negara, kota pesisir ini menjadi pintu gerbang menuju Kepulauan Perhentian dan Redang yang eksotis. Namun, tidak hanya itu saja, Terengganu juga memiliki tempat-tempat menakjubkan yang tak boleh dilewatkan dalam perjalanan wisata Anda selanjutnya.

Salah satu tempat yang sangat direkomendasikan adalah "masjid terapung", yang menawarkan pemandangan yang sangat memesona dan menawan dengan pantulan airnya. Tidak kalah menarik, Masjid Crystal dan istana kerajaan juga menjadi destinasi yang paling banyak dikunjungi dan menjadi daya tarik utama di Terengganu. Selain itu, Pasar Payang yang merupakan pasar terbesar di kota ini juga menjadi tempat yang tak boleh terlewatkan. Di sini, pengunjung dapat menemukan berbagai macam makanan lezat, kerajinan tangan, serta berbagai macam suvenir yang unik.

4. Kuala Lumpur

Kuala Lumpur merupakan salah satu destinasi utama yang wajib dikunjungi di Malaysia. Ibu kota yang terkenal ini menjadi magnet bagi para wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Kota KL yang maju dengan penduduk sekitar 2,5 juta orang mempunyai campuran budaya yang unik.

Baca Juga: Jelajahi 10 Destinasi Wisata Terbaik di Papua dengan Pemandangan yang Menakjubkan

Terdapat banyak atraksi menarik di Kuala Lumpur yang membuat kita tak bosan untuk mengunjunginya. Kota ini mempunyai bangunan pencakar langit modern dan pedagang pinggir jalan yang autentik. Kita bisa menikmati pemandangan menakjubkan dari Menara KL Tower, melihat indahnya Menara Kembar Petronas yang khas, atau berkunjung ke Batu Caves yang spektakuler tepat di luar kota.

Kota KL juga menawarkan berbagai macam tempat makan, food court dan restoran, beberapa sky bar dan kehidupan malam yang cukup keren. Jika kita ingin mencicipi rasa makanan laut yang unik, kita bisa berkunjung ke jalan Alor Bukit Bintang dan Kampong Baru yang memberikan variasi rasa makanan yang berbeda.

Tidak hanya itu, kini Kuala Lumpur juga menjadi fashion city karena banyaknya pusat perbelanjaan yang tersedia. Kita bisa membeli barang-barang penting di berbagai pusat perbelanjaan terkenal seperti Pavilion, KLCC, Time Square, Nu Central, Central Market dan lainnya.

5. Pulau Penang

Pulau Penang memang menjadi destinasi wisata yang paling populer di Malaysia. Terdapat banyak keindahan budaya yang menarik, kuil yang spektakuler, pemandangan alam yang indah, serta makanan yang luar biasa lezat sehingga Anda akan merasa sangat terhibur selama berhari-hari. Pulau ini terletak di lepas pantai barat Malaysia dan dihubungkan dengan daratan melalui dua jembatan besar. Tidak heran jika Pulau Penang juga dikenal sebagai "Mutiara dari Timur".

Khususnya di kota Georgetown, Pulau Penang menyajikan keindahan terbaiknya. Georgetown sendiri adalah kota tersibuk kedua di Malaysia setelah Kuala Lumpur. Tidak hanya itu, kota ini juga dikenal sebagai kota kuliner terbaik di Malaysia. Anda akan menemukan banyak food court dan tenda jalanan yang menawarkan makanan enak dengan harga yang terjangkau. Sehingga, Georgetown menjadi salah satu kota favorit di Asia dengan banyak suasana dan makanan lezat yang menawan hati.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Georgetown sendiri adalah seperti museum terbuka dan sangat terkenal di kalangan wisatawan, terutama karena Kuil Buddha terbesar di Malaysia, yaitu Kek Lok Si. Kompleks kuil yang megah ini terletak sekitar 7 kilometer dari pusat kota Georgetown. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi Pulau Penang dan menikmati keindahan budaya serta kelezatan makanannya yang luar biasa.

6. Kota Malaka

Kota Malaka, merupakan salah satu tujuan terbaik di Malaysia yang patut dikunjungi. Dikenal sebagai kota yang sarat dengan sejarah dan budaya, Malaka juga telah terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2008. Kota ini menarik banyak pengunjung dengan arsitektur yang unik, kuliner khasnya yang lezat, serta pasar malam Jonker Street yang terkenal. Dengan jarak tempuh hanya dua jam di selatan ibu kota, Kuala Lumpur, Malaka memiliki keunikan tersendiri dengan lokasinya yang berada di tepi laut. Dahulu kala, kota ini menjadi pusat perdagangan penting bagi pelaut dan menyimpan banyak tempat indah yang bisa dijelajahi. Selain itu, Anda juga dapat menikmati kuliner lezat di Chinatown yang menjadi daya tarik tersendiri. Tak kalah menarik, Malaka pernah berada di bawah pemerintahan Belanda selama beberapa waktu. Hal ini menciptakan 'Zaman Keemasan' bagi budaya Melayu dan menghasilkan Stadthuys, kediaman resmi gubernur Belanda yang menjadi ikon kota Malaka. Yuk, kunjungi kota Malaka dan nikmati pengalaman yang tak terlupakan!

7. Kepulauan Perhentian

Kepulauan Perhentian, merupakan surga tropis yang terletak di lepas pantai timur laut Malaysia, menjadi daya tarik para pelancong muda di seluruh dunia. Terdiri dari dua pulau kecil, yaitu Perhentian Besar dan Perhentian Kecil, keduanya menawarkan pesona pantai berpasir putih, pohon palem yang menari-nari, dan air laut yang jernih. Di pulau ini, tidak ada kendaraan bermotor, sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan pulau dengan berjalan kaki, kano, atau taksi air. Pulau-pulau kecil ini juga menawarkan tempat snorkeling dan menyelam yang spektakuler. Selain itu, kegiatan yang populer dilakukan adalah bersantai, kano, atau mengikuti kursus yoga di tepi pantai. Tertarik mengunjungi salah satu surga tersembunyi ini?

8. Pulau Tioman

Anda ingin pergi ke pulau yang diakui sebagai salah satu yang terindah di dunia? Pulau Tioman di Malaysia bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Dalam sebuah majalah ternama pada 1970-an, pulau ini dinobatkan sebagai yang terindah di dunia dan hingga sekarang, pesonanya masih tetap tak tergoyahkan. Berbeda dengan pulau Perhentian yang ramai oleh para wisatawan, pulau Tioman menawarkan keindahan alam yang lebih besar dengan karang warna-warni, pantai yang masih asli, dan hutan hujan yang lebat. Tempat ini cocok untuk para penyelam dan penggemar snorkeling, serta memiliki pemandangan tropis yang menawan dengan pepohonan palem dan pantai berpasir putih. Pulau Tioman terletak di Taman Laut Mersing yang terdiri dari 64 pulau, dan merupakan pulau terbesar di antaranya. Meski hanya sedikit desa di pulau ini, seperti Salang yang populer di kalangan backpacker, keindahannya tetap tidak pernah hilang.

9. Taman Negara

Apakah Anda ingin merasakan sensasi mengunjungi salah satu tempat tertua di dunia? Jika ya, maka Taman Nasional Taman Negara adalah destinasi yang tepat untuk Anda! Taman Negara merupakan hutan hujan tertua di dunia yang terletak sekitar 4 jam berkendara dari Kuala Lumpur, ibu kota Malaysia. Taman ini dikenal sebagai hutan hujan primer yang hampir tidak mengalami penebangan sehingga masih terjaga keasliannya. Anda dapat menemukan berbagai jenis hewan langka di sana, seperti gajah India dan Toucan yang tentunya akan menambah pengalaman liburan Anda.

Taman Negara juga menjadi rumah bagi pohon-pohon raksasa kuno yang menakjubkan dan merubah semua tumbuhan dan hewan lain menjadi katai. Jangan lewatkan kesempatan untuk berjalan di atas Canopy Walkway yang terletak di ketinggian 10 meter yang memberikan Anda pengalaman hutan yang sebenarnya! Anda juga dapat menemukan berbagai jenis satwa liar di dalam hutan seluas 4.343 kilometer persegi ini.

Baca Juga: Keindahan Tersembunyi: 7 Destinasi Wisata Favorit Kamboja yang Harus Dikunjungi

Anda akan merasa seperti berada di dalam petualangan saat berjalan di dalam hutan yang masih alami ini. Jangan kaget jika Anda menemukan berbagai hewan yang berbeda seperti gajah, harimau, macan tutul, ular, monyet dan bahkan badak terkecil yang terancam punah! Meskipun kemungkinan melihatnya agak kecil, hal ini tidak mengurangi keindahan Taman Negara yang tetap memukau untuk dikunjungi.

10. Putrajaya

Kota Putrajaya, yang berlokasi sekitar 30 kilometer dari Kuala Lumpur, merupakan destinasi wisata yang sangat menarik di Malaysia dan menjadi tempat bagi lembaga administrasi pemerintahan. Kota metropolitan yang telah dikembangkan ini menyuguhkan arsitektur yang spektakuler, monumen, taman yang indah, serta tempat wisata lainnya, yang menunjukkan ambisi dan visi Malaysia dalam membangun masa depan. Selain itu, Kota Putrajaya juga menawarkan pengalaman malam yang sangat menarik dengan pemandangan indah yang dapat dinikmati dari sejumlah bar dan klub yang trendy. Dengan jumlah penduduk yang tidak begitu padat, kota ini menjadi salah satu destinasi wisata Malaysia yang sangat menarik dan tenang.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi negara yang kaya dan modern ini, yang menyuguhkan berbagai pemandangan dan aktivitas yang menarik. Selain itu, nikmati juga kuliner lezat, pemandangan yang indah, serta sejarah dan budaya yang menarik dari Malaysia.

Baca Juga: Liburan dan Wisata ke Jepang? Inilah 10 Tempat Terbaik yang Wajib Dikunjungi

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda