30 Tempat Destinasi Wisata Terbaik Wajib Dikunjungi di Indonesia

30 Tempat Destinasi Wisata Terbaik Wajib Dikunjungi di Indonesia

Bali adalah tujuan wisata yang sangat diminati oleh banyak orang, namun tidak banyak yang mengetahui bahwa Bali hanyalah satu dari tujuh belas ribu pulau yang luar biasa di Indonesia.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia dikenal karena keindahan pulau Bali yang menakjubkan dengan pantai-pantainya yang memesona, olahraga air yang ekstrem, pemandangan hutan yang memukau, serta nuansa hippie yang kental.

Namun, di luar beberapa kota terkenal seperti Bali dan Jakarta, terdapat pulau-pulau yang masih perawan yang tersebar di wilayah Indo-Oseania.

Mulai dari pulau Lombok yang tenang di sebelah timur Bali hingga Komodo - tempat tinggal komodo, Indonesia menawarkan pengalaman wisata yang sangat memukau dan terjangkau bagi para pelancong.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengetahui tempat-tempat terbaik untuk dikunjungi di Indonesia untuk liburan selanjutnya!
1. Bali

Bali, sebuah pulau yang terletak di sebelah timur Jawa dan barat Lombok, memiliki segudang daya tarik yang begitu menawan. Pulau ini menjadi destinasi wisata favorit sepanjang masa, terutama karena keindahan alamnya yang tak diragukan lagi. Dari pantai Asia Tenggara yang memukau, terumbu karang, sawah yang luas, situs vulkanik, hingga kuil-kuil Hindu yang ikonik, semuanya ada di Bali.

Tak hanya itu, wisata ke Bali pun relatif terjangkau dibandingkan dengan kepulauan Indonesia lainnya. Mulai dari biaya akomodasi, makanan, hingga penjual suvenir, semuanya bisa dipilih sesuai dengan kantong masing-masing. Ada pula beragam destinasi yang bisa dikunjungi, seperti Kuta yang terkenal dengan kehidupan malamnya yang tak ada habisnya, serta Ubud yang menarik kerumunan yang lebih santai.

Namun, jika ingin merencanakan liburan ke Bali, disarankan untuk menghindari musim hujan. Indonesia umumnya menerima curah hujan tropis pada waktu tertentu dalam setahun, sehingga bulan April hingga Oktober menjadi musim puncak untuk mengunjungi pulau ini. Di sinilah Bali berada pada titik tercantiknya, dengan tempat-tempat menarik seperti Pura Uluwatu, Gerbang Surga, Pura Ulun Danu Beratan, Ayunan Bali, hingga pulau bersebelahan paling ikonik, Nusa Penida.

2. Jakarta

Ibu Kota Indonesia yang berada di Timur Laut Kepulauan Jawa, yakni Jakarta, adalah kota yang jauh lebih urban dibandingkan dengan pulau-pulau resor tetangganya seperti Bali. Namun, tak hanya dikenal sebagai pusat transaksi komersial, Jakarta menawarkan pengalaman luar biasa bagi para wisatawan, khususnya dalam hal budaya dan makanan yang beragam.

Kota ini dihuni oleh campuran etnis Jawa, Tionghoa, dan Arab yang hidup bersama. Sehingga, pengalaman mencicipi makanan yang ekspresif dan beraroma menjadi hal yang wajib dilakukan. Tidak hanya itu, Jakarta juga terkenal sebagai tujuan belanja termurah di Asia Tenggara dengan kota besar yang luas, lengkap dengan mal-mal besar dan produsen skala massal.

Bagi Anda yang ingin jalan-jalan, Jakarta memiliki gedung pencakar langit elegan yang tak dapat ditemukan di bagian manapun dari Kepulauan Indonesia. Beberapa tempat yang harus dikunjungi diantaranya Monumen Nasional, Taman Mini Indonesia Indah, Museum MACAN, dan Museum Nasional.

Dan bagi pecinta kehidupan malam, Jakarta adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Oleh karena itu, tak heran jika Jakarta menjadi salah satu kota yang paling menarik untuk dikunjungi di Indonesia!

3. Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat, sebuah destinasi wisata yang jarang diketahui di Indonesia. Terletak di ujung barat laut Pulau New Guinea, tempat ini terkenal dengan keindahan terumbu karang, pegunungan hutan terpencil, desa-desa lokal, dan pantai yang masih asli. Bagi para pencari liburan yang ingin bersantai, Kepulauan Raja Ampat bisa menjadi pilihan yang tepat karena kebanyakan pulau-pulau di sana belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Meski begitu, biaya liburan di sana mungkin lebih mahal dibandingkan Bali.

Namun, perjalanan ke Raja Ampat takkan mengecewakan karena terdapat lebih dari 1.500 pulau yang bisa dipilih, dan sebagian besar tak terhuni. Kepulauan Kiri, Kepulauan Yeben, Kepulauan Kofiau dan Waigeo di Papua Barat adalah pulau-pulau yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi salah satu tempat terbaik di Indonesia ini.

4. Bukit Lawang

Silahkan berkunjung ke Sumatera utara, khususnya ke desa pedesaan kecil di tepi Sungai Bahorok, untuk menikmati dan mengeksplorasi keindahan tempat tropis yang penuh dengan satwa liar dan tanaman yang mempesona. Terdapat suaka raksasa bagi orangutan Sumatera yang sangat menggemaskan, serta banyak spesies burung dan satwa lainnya. Anda juga dapat mengunjungi Bukit Lawang yang berada di ujung Taman Nasional Gunung Leuser, yang merupakan situs warisan dunia UNESCO. Selain belajar tentang orangutan yang luar biasa, anda dapat melakukan pendakian alam yang tak terlupakan, dan menikmati keindahan tropis yang luar biasa di tempat ini. Suaka margasatwa dapat dikunjungi setiap hari, Senin hingga Minggu dari pukul 8.00 hingga 5.00.

5. Kepulauan Gili

Ajaklah diri Anda untuk mengunjungi Sumatera Utara ke sebuah desa pedesaan kecil yang terletak dekat dengan tepi Sungai Bahorok. Di sana, Anda akan merasakan pengalaman yang luar biasa dengan suasana tropis Asia Tenggara yang menyegarkan. Namun, jika Anda ingin merasakan pengalaman bersantai di bawah sinar matahari Maladewa, namun tetap ingin merasakan getaran tropis Asia Tenggara, maka keindahan Kepulauan Gili di Indonesia patut Anda kunjungi.

Kepulauan Gili terdiri dari tiga pulau kecil yang sangat menawan, yaitu Trawangan, Meno, dan Air. Setiap pulau memiliki keunikan tersendiri yang tidak bisa Anda lewatkan. Pulau Trawangan, misalnya, dikenal karena pantai-pantainya yang menakjubkan dan kehidupan malamnya yang sangat semarak. Bagi Anda yang menyukai olahraga scuba diving, pulau ini juga cocok untuk Anda. Sementara itu, bagi Anda yang sedang merayakan bulan madu, pulau Meno akan menjadi tempat yang pas untuk Anda, karena di sana terdapat perairan jernih dan pantai putih yang sangat indah. Terakhir, pulau Air menawarkan pemandangan yang sangat indah dengan lanskap pegunungan Lombok, dan juga memiliki getaran hippy-romantis yang sangat unik.

Jadi, pastikan Anda memilih pulau yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, satu hal yang pasti, Anda tidak akan menyesal telah mengunjungi Kepulauan Gili di Indonesia.

6. Flores

Flores di Indonesia sering kali keliru dianggap sebagai Pulau di Portugal, namun sebenarnya tempat ini adalah destinasi yang sangat menarik di Indonesia. Flores terletak di sebelah timur Pulau Komodo dan juga menjadi habitat komodo yang sangat eksotis.

Sungai Flores yang sangat jernih dan belum banyak terjamah oleh wisatawan, menjadikan tempat ini sangat ideal untuk para penyelam, pecinta lingkungan, dan para pencari liburan yang santai.

Tak hanya itu, bagi Anda yang ingin mempelajari tentang temuan prasejarah, acara budaya tradisional, serta penampakan terumbu karang yang eksotis, Flores adalah salah satu destinasi terbaik yang harus dikunjungi di Indonesia.

Meski perjalanan ke Flores membutuhkan sedikit usaha, dan biaya yang dibutuhkan tidak semurah Bali, namun seperti kata pepatah, hal-hal baik tidak datang dengan mudah. Flores pasti sepadan dengan usahanya.

7. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani, terletak di pulau Lombok, adalah gunung berapi aktif terbesar kedua di Indonesia yang mencapai ketinggian 3.726 meter. Meski bukanlah perjalanan yang mudah, pendakian ke puncaknya dapat dijadikan tantangan yang menyenangkan bagi para trekker yang memiliki semangat petualangan dan kekuatan fisik yang memadai. Butuh waktu kurang lebih empat hari untuk mencapai puncak, namun bagi mereka yang telah merasakan sensasi menaklukan Gunung Rinjani, situs ini dianggap sebagai salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Indonesia.

Baca Juga: Tips Liburan Lebih Santai dan Minim Stres Selama Perjalanan

8. Taman Laut Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken, sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO yang terletak di Barat Laut Pulau Sulawesi, menawarkan kekayaan laut yang sangat beragam dengan lebih dari 390 spesies karang, ikan, dan reptil. Dengan total luas seluas 75.265 hektar, tempat ini adalah surga bagi para pecinta laut.

Tak perlu khawatir untuk mengunjungi taman yang cantik ini, pengunjung bisa menaiki Speedboat dari Sulawesi. Terdapat lebih dari 20 tempat menyelam di Taman Laut Nasional Bunaken, namun tak banyak orang yang mengetahui tempat indah ini. Bagi para wisatawan yang mencari pengalaman baru, tempat ini wajib dikunjungi.

Keindahan kehidupan bawah laut, keberagaman karang, serta pemandangan tropis yang menakjubkan, semuanya bisa ditemukan di Bunaken. Tak salah jika mengunjungi tempat ini masuk dalam bucket list perjalanan Anda.

9. Candi Borobudur

Terletak di Muntilan, Jawa Tengah, Borobudur adalah Candi Mahayana yang memiliki daya tarik yang luar biasa bagi para wisatawan dari seluruh dunia. Dibangun pada Abad ke-9, Borobudur merupakan monumen Buddha terbesar di dunia dan diakui sebagai situs Warisan UNESCO. Arsitektur Mandala yang unik serta pengaruh besar dari Dinasti Gupta India, menjadikan Borobudur sebagai karya seni yang luar biasa dengan sekitar 500 patung Buddha. Yang menarik, dalam pembangunannya tidak menggunakan semen, namun mampu bertahan berabad-abad dengan sedikit remahan. Jika Anda ingin menjelajahi tempat bersejarah, Borobudur merupakan salah satu dari 10 tempat terbaik yang wajib dikunjungi di Indonesia dan Asia Tenggara.

10. Kintamani, Bali

Ketika kami tiba kembali di Bali, pulau liburan favorit kami, kami menemukan lokasi yang jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Namun, Kintamani yang sepi dan tenang ternyata telah berhasil mempertahankan daya tariknya selama bertahun-tahun, menghadap ke Gunung Batur yang terkenal sebagai situs trekking vulkanik yang terkenal. Kintamani tidak hanya menarik bagi wisatawan yang ingin menyaksikan pemandangan Bakar yang mempesona, namun juga sebagai tempat yang cocok untuk berbulan madu. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba kopi luwak Cope yang paling aneh, kunjungi pertanian dan saksikan sendiri prosesnya. Selain itu, Desa Terunyan menjadi lokasi yang paling ikonik untuk dikunjungi (jika Anda keras hati). Di sini, Anda dapat menemukan kuburan dingin dan ritual yang unik, yang menarik perhatian wisatawan lebih dari makanan yang dipengaruhi Hindu.

11. Ubud, Bali

Ubud, yang sering dijuluki sebagai jantung budaya Bali, telah lama menjadi favorit para wisatawan untuk bersantai dan menikmati liburan. Dengan ribuan ulasan positif di TripAdvisor tentang resor dan objek wisata utamanya, Ubud menjadi destinasi yang wajib dikunjungi.

Dikenal dengan sawahnya yang luas, kuil Hindu kuno, dan daya tarik budayanya yang khas, Ubud menjadi tempat ideal untuk merevitalisasi jiwa seseorang. Desa-desa santainya, hutan hijau, dan kuliner vegan yang tersohor di sana, menjadi bukti nyata bahwa Ubud mewakili nilai-nilai Bali yang sejati.

Ada banyak tempat menarik di Ubud yang patut dikunjungi, seperti Tegalalang Rice Terrace, Pasar Seni Ubud, Goa Gajah, Candi Tirta Empul, dan Monkey Forest Suci (tetapi harus hati-hati karena monyet dapat mengikuti pengunjung yang membawa sesuatu yang menarik).

Bagi penggemar seni dan budaya, Ubud memiliki beberapa museum terkenal seperti Blanco Renaissance Museum dan Museum Agung Rai yang dapat dikunjungi selama liburan.

Ubud adalah salah satu tempat terbaik untuk berlibur di Indonesia karena masih mempertahankan pesona budaya Bali yang sejati. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk meninggalkan Ubud selama liburan Anda.

12. Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan salah satu dari Rantai Sunda Kecil yang terdiri dari 29 pulau vulkanik yang dapat dihuni. Namun, daya tarik utama dari Taman Nasional Komodo adalah spesies reptil yang eksotis yaitu Komodo.

Para penggemar satwa liar dari seluruh dunia melakukan perjalanan ke tempat ini hanya untuk menyaksikan makhluk yang mempesona ini berkeliaran di habitat asli mereka.

Selain Komodo, Taman Nasional ini juga dikenal karena keberadaan rusa, kerbau air, babi hutan, katak, serta berbagai jenis ikan dan burung.

Jika Anda juga menikmati pemandangan pantai yang indah dan petualangan air, Pulau Komodo merupakan pilihan yang tepat untuk membuat Anda terpesona. Pantai yang masih asli dengan pasir berwarna merah muda, serta daerah pesisir yang terkenal dengan snorkeling, menyelam, dan mengamati keindahan karangnya.

Walaupun penduduk setempat menyarankan untuk berhati-hati saat bermalas-malasan di pantai tanpa pengawasan karena pulau tersebut ditempati oleh Komodo, namun serangan terhadap manusia sangatlah minimal dan hanya bersifat kemungkinan saja.

13. Nusa Penida, Bali

Nusa Penida adalah sebuah pulau yang terletak di wilayah Bali dan menjadi salah satu objek wisata yang paling menarik perhatian di Asia Tenggara. Di antara tiga pulau Nusa, yaitu Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, dan Nusa Penida, Pulau Penida menawarkan pemandangan pantai yang sangat indah dan cocok untuk tempat berfoto yang menarik.

Anda harus mengetahui bahwa Pulau Penida cukup luas dan terdapat banyak tempat yang patut untuk dikunjungi. Oleh karena itu, banyak wisatawan memilih untuk menginap di Pulau Penida agar bisa menikmati keindahan tempat yang terbaik.

Meskipun menemukan transportasi di Pulau Penida sedikit merepotkan karena kondisi jalan yang kurang baik, namun skuter tetap menjadi metode utama untuk berkeliling di sana. Jika Anda mencari liburan romantis, maka Pulau Nusa Penida sangat ideal untuk dikunjungi.

Dan bagi mereka yang menyukai petualangan kasar, Pulau Nusa Penida menjadi salah satu tempat terbaik yang wajib dikunjungi di Indonesia!

14. Danau Kelimutu

Terletak di wilayah Flores Tengah, Kawah Kelimutu merupakan destinasi wisata vulkanik yang selalu menarik perhatian para wisatawan dari seluruh dunia. Danau tiga warna yang terletak di kawasan tersebut juga dianggap sebagai permata Indonesia yang paling ikonik.

Pulau Kelimutu yang berada di kawasan vulkanik juga menjadi habitat bagi komodo, hewan liar yang terkenal ganas. Oleh karena itu, tak heran jika banyak penggemar satwa liar yang memutuskan untuk mengunjungi kawasan ini.

Danau kembar yang terdiri dari tiga danau kawah memiliki keunikan tersendiri karena warnanya yang dapat berubah lebih dari enam kali dalam setahun akibat reaksi mineral. Warna utama yang biasanya muncul adalah Hijau-Biru, namun kadang-kadang bisa berubah menjadi Merah Muda Coklat.

Namun, dilarang melakukan aktivitas air atau berenang di Danau Kelimutu. Penduduk asli bahkan percaya bahwa jiwa-jiwa yang telah meninggal dunia beristirahat di dalam kolam-kolam tersebut untuk selamanya. Keindahan dan kemurnian kawasan juga menjadi alasan mengapa kawasan ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menakjubkan.

Baca Juga: Serunya Berwisata ke 6 Pantai Terindah di Cianjur, Tak Boleh Dilewatkan!

Jika Anda suka dengan petualangan, pendakian, dan pengalaman yang ekstrem, maka Kawah Kelimutu merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang bisa Anda kunjungi di Indonesia.

15. Pura Tanah Lot, Bali

Pura Tanah Lot merupakan salah satu situs keagamaan yang paling terkenal di Indonesia. Terletak di sebelah barat laut Kuta, kuil ini memiliki sejarah yang kembali ke abad ke-16. Menariknya, lokasi kuil terletak di atas batu karang yang menjorok keluar dari laut, menjadikan tempat ini sangat istimewa dan sakral bagi masyarakat Indonesia.

Pada malam hari, banyak wisatawan berkunjung ke sana untuk menyaksikan matahari terbenam yang sangat spektakuler. Mereka berjalan melalui gang-gang yang dihiasi kios-kios, menuju lokasi kuil yang sangat indah.

Meskipun wisatawan tidak diizinkan memasuki kuil, mereka tetap dapat menjelajahi sekitar pura, berfoto, menikmati makanan khas Indonesia di salah satu restoran, dan menikmati suasana tropis Bali. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi salah satu tempat paling terkenal dan sakral di Indonesia ini.

16. Air Terjun Tumpak Sewu

Air terjun yang ada di Indonesia memang fenomena alam yang paling menakjubkan dan tak bisa diabaikan oleh siapapun yang mencintai keindahan alam. Salah satu air terjun yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi oleh para pencinta alam adalah Air Terjun Tumpak Sewu yang dikenal sebagai "Seribu Air Terjun" di wilayah Timur Pulau Jawa.

Meskipun Kabupaten Lumajang belum terkenal sebagai tujuan wisata yang ramai, namun Air Terjun Tumpak Sewu justru menjadi tempat yang sangat cocok untuk menikmati keindahan alam di Indonesia. Meskipun akses menuju lokasi air terjun ini agak terpencil dan bisa membutuhkan biaya tambahan untuk berkeliling, namun pemandangan dan nuansa yang ditawarkan sangatlah sepadan.

Jika Anda belum pernah mengunjungi air terjun sebelumnya, Tumpak Sewu akan sangat mengejutkan Anda dengan kekuatannya yang luar biasa. Namun perlu diingat, Anda perlu berhati-hati karena batu-batunya licin akibat terus-menerus terkena air yang mengalir.

17. Desa Toraja

Desa Toraja di Sulawesi Selatan, yang dihuni oleh penduduk asli yang eksotis bernama Toraja, telah menarik perhatian dunia hanya setelah abad ke-20. Namun, saat ini, terdapat sekitar 450.000 penduduk yang tinggal di desa ini. Terkenal dengan tradisi pemakaman yang unik, Desa Toraja telah menarik minat banyak antropolog dari berbagai negara. Di sini, mayat dijaga di dalam rumah selama berbulan-bulan hingga satu tahun atau lebih, menunggu untuk menjalani ritual pemakaman. Acara pemakaman ini biasanya digelar pada musim panas yang kering, yakni di bulan Juni hingga Agustus. Bagi yang ingin mempelajari budaya baru, Desa Toraja tak bisa dianggap sepele sebagai salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Indonesia.

18. Pantai Maluk

Keindahan pantai-pantai di Indonesia sangat mempesona. Tidak hanya pantai terkenal seperti Kuta di Bali atau Kepulauan Gili di Lombok, namun semua pantai di Indonesia memiliki pesona yang unik.

Salah satu pantai yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan adalah Pantai Maluk di Nusa Tenggara Barat. Lokasi yang terpencil, pasir putih, dan air laut kristal kehijauan membuat pengalaman menginap di sini menjadi sangat otentik, khususnya bagi mereka yang mencari pengalaman pedesaan tepi laut yang berbeda.

Pusat Konservasi Penyu Malu yang berada dekat dengan pantai juga menjadi tempat wisata yang menarik. Walaupun pantai mungkin akan sedikit ramai pada siang hari, namun pemandangan saat fajar atau matahari terbenam akan memberikan pesona yang tak terlupakan. Jadi, pantai Maluk adalah tempat yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Indonesia.

19. Pulau Bintan

Berasal dari Kepulauan Riau, Pulau Bintan merupakan destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Terletak sangat dekat dengan Singapura, Pulau Bintan dulunya merupakan koloni Belanda yang kini berdiri sebagai Pulau Resort mewah kelas atas. Pulau ini menawarkan berbagai aktivitas air, lapangan golf yang menawan, dan pantai yang tenang.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pulau Bintan dari Singapura, feri hanya memakan waktu sekitar 60 menit. Tidak heran banyak wisatawan eksklusif yang memilih memperpanjang liburan mereka ke Bintan di Indonesia.

Pulau Bintan juga menawarkan arsitektur kolonial yang menarik untuk dijelajahi. Pengaruh Belanda bisa terlihat jelas pada interior dan bangunan megah di Pulau Bintan.

Istana Sultan yang telah dipugar, Masjidil Haram yang menceritakan kisah pengganti semen, dan Desa Cina terkemuka yang disebut Senggarang adalah beberapa daya tarik yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Pulau Bintan.

Menariknya, perjalanan ke Pulau Bintan tidak akan memberatkan anggaran Anda. Bahkan, hampir tidak ada backpacker yang berkerumun di sini, sehingga Pulau Bintan merupakan salah satu tempat terbaik yang harus Anda kunjungi di Indonesia.

20. Yogyakarta

Terletak di Jawa, Yogyakarta merupakan salah satu jantung budaya terkemuka di Asia Tenggara yang tidak boleh dilewatkan. Walaupun seringkali diremehkan, kota ini memiliki peradaban yang sangat berpengaruh dan sarat dengan warisan India.

Dahulu, Yogyakarta dikenal sebagai "The Never-Ending Asia" karena kerajaan-kerajaannya tumbuh dan berkembang selama berabad-abad, tidak seperti kota-kota lain di Indonesia. Bahkan, Yogyakarta adalah kekuatan yang sangat berpengaruh saat Borobudur dibangun pada abad ke-9.

Pada abad ke-18, Kraton Palace yang merupakan bangunan arsitektur baru didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I. Kraton Palace membawa semangat baru dalam perpaduan warisan budaya di Yogyakarta.

Saat ini, Yogyakarta menjadi kota yang indah dan menarik bagi para pelancong lokal maupun internasional. Selain itu, masakan di Yogyakarta juga merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Jika Anda berencana untuk berkunjung ke Yogyakarta, pastikan untuk mencicipi berbagai jenis makanan mulai dari makanan kaki lima hingga makanan restoran yang khas dan lezat.

21. Danau Toba

Terletak di Sumatera Utara, Danau Toba memukau dengan keunikan Kaldera gunung berapi aktif (supervolcano)-nya. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi danau terbesar di Asia Tenggara yang memiliki keindahan alam luar biasa. Anda dapat menikmati pemandangan indah dari atas danau dengan berkayak atau menelusuri desa-desa tetangganya yang menawarkan pengalaman unik Indonesia. Berbeda dengan suasana lembab di kota Jakarta, Danau Toba memberikan kejernihan yang sejuk dengan perairannya yang sejuk. Jadi, jika Anda ingin mencari tempat yang jauh dari keramaian wisatawan, jangan ragu untuk mengeksplorasi Danau Toba. Anda pasti tidak akan menyesal mengunjungi salah satu tujuan terbaik di Indonesia ini.

22. Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan, yang dibagi oleh tiga negara di Asia termasuk Malaysia dan Brunei, adalah salah satu tempat yang layak dikunjungi di Indonesia. Sebagai bagian terbesar dari Pulau Kalimantan, Indonesia terkenal dengan pantainya yang tenang, keanekaragaman hayati yang hidup, dan pegunungan yang perkasa. Di sini, terdapat habitat Orangutan, Harimau Sumatera, Badak dan Gajah Kalimantan yang memikat. Pegunungan yang menawan juga menjadi daya tarik tersendiri, terutama Gunung Kinabalu – puncak tertinggi di Kalimantan – yang berdiri di ketinggian 4.100 meter, sangat megah dan patut disaksikan.

Pulau Kalimantan juga terkenal sebagai rumah bagi bunga monster raksasa Rafflesia, yang dapat menjadi pengalaman wisata yang unik. Selain itu, dengan mengunjungi Pulau Kalimantan, Anda akan merasakan sensasi mencentang dua negara lain di daftar ember Anda sekaligus. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Kepulauan Kalimantan dan menikmati keindahan alam yang luar biasa.

23. Gunung Bromo

Berada di wilayah Jawa Timur, terdapat Gunung Bromo yang merupakan gunung berapi aktif serta menjadi bagian dari Pegunungan Tengger di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Meskipun tinggi relatif lebih rendah dibandingkan dengan gunung-gunung lain di sekitarnya, namun pemandangan yang memukau serta posisinya yang menonjol menjadikan Gunung Bromo sebagai daya tarik utama.

Terdapat panorama kawah berisi lava mendidih yang dapat dinikmati dengan dekat, dan hal ini merupakan pengalaman unik yang jarang didapatkan bagi mereka yang belum pernah menyaksikan keindahan gunung berapi. Tidaklah sulit untuk mendaki puncak gunung, cukup beberapa jam saja. Setiap tahunnya, lebih dari 1 juta wisatawan berkunjung ke lokasi tersebut.

Bagi para pecinta trekking gunung, kami sangat merekomendasikan untuk mengunjungi Gunung Bromo di wilayah Jawa Timur. Di sana Anda akan menemukan pemandangan vulkanik yang sangat luar biasa dan mungkin menjadi yang terbaik di Indonesia maupun di dunia.

24. Waterbom, Bali

Terletak di Kabupaten Bandung di Kuta, Waterbom Bali menyajikan taman hiburan terbaik di Indonesia yang tak hanya menyenangkan namun juga menyegarkan. Dengan area seluas 3,8 hektar, taman hiburan ini menawarkan seluncuran paling curam di Asia yang pasti memacu adrenalin. Tak hanya itu, Waterbom juga menyediakan paket lengkap dengan makanan dan minuman untuk keluarga yang berkunjung.

Keamanan dan kenyamanan pengunjung di Waterbom Bali sangat diperhatikan, sehingga Anda dapat menikmati pengalaman taman hiburan yang menyenangkan dan aman. Meski begitu, bagi Anda yang tak terlalu gemar dengan aktivitas yang berkaitan dengan air, mungkin Waterbom bukanlah tempat yang cocok.

Namun, kami harus mengatakan bahwa Waterbom Bali adalah salah satu tempat terbaik yang harus dikunjungi di Indonesia, setiap saat sepanjang tahun. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan sensasi kesenangan air yang tak terlupakan di Waterbom Bali!

25. Gunung Ijen

Gunung Ijen di Jawa Timur, yang terkenal dengan julukan 'Blue Lava', mungkin terkesan sepele bagi sebagian wisatawan. Namun, keindahan api biru ikoniknya yang luar biasa sulit diabaikan. Gunung ini terdiri dari sulfur, gas, asam, dan mineral lainnya yang jumlahnya sangat tinggi, menjadikan api biru di Gunung Ijen lebih berbahaya daripada lava biasa. Menaklukkan kawah Gunung Ijen memang membutuhkan waktu sekitar 2 jam, namun bagi para trekker pemula atau mereka yang enggan naik gunung di waktu subuh, petualangan ini mungkin kurang menarik. Selain menjadi objek wisata yang terkenal, Gunung Ijen juga merupakan lokasi penambangan belerang karena kandungan belerang yang tinggi di kawahnya. Jika Anda masih belum tertarik dengan keberadaan gunung berapi yang menakjubkan ini, kami sangat merekomendasikan untuk mengunjungi Gunung Ijen dan merasakan sensasi petualangan yang tak terlupakan.

26. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting yang terletak di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Disebut sebagai rumah bagi lebih dari 220 spesies burung dan sekitar 9.000 orangutan, Taman Nasional ini merupakan hutan rawa yang terletak di garis pantai. Keunikan dari Taman Nasional Tanjung Puting terletak pada kepadatan orangutan yang menjadi salah satu yang tertinggi di dunia. Selain itu, Anda juga dapat menjumpai rusa, babi, spesies monyet lainnya, dan beberapa buaya yang bersembunyi di rawa-rawa. Dalam perjalanan Anda ke Pulau Kalimantan, mengunjungi Tanjung Puting akan memberikan pengalaman bonus yang tak terlupakan. Tidak hanya itu, bagi wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan satwa liar, Tanjung Puting menawarkan paket wisata yang cukup umum di kalangan operator tur. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting yang penuh keindahan ini!

27. Kepulauan Bangka

Terletak di sebelah timur Kepulauan Sumatera, Bangka Belitung merupakan sebuah pulau yang menawan dengan kisah menegangkan yang patut untuk dijelajahi. Pulau ini merupakan yang terbesar ke-9 di Indonesia dan memiliki sejarah yang sangat penting pada masa Perang Dunia II.

Dalam kurun waktu tersebut, banyak peristiwa tragis yang terjadi di sana dan menjadi sorotan dunia. Meski begitu, dampak dari kejadian tersebut sudah terlewati.

Kepulauan Bangka menawarkan atraksi wisata yang memikat bagi para pelancong dari seluruh penjuru dunia. Beberapa tempat yang paling menakjubkan di sana antara lain Pantai Dingding Batu, Danau Ampar Bukit Merah, Bukit Pala, dan Pantai Tongaci – yang dikenal dengan bangunan payung gantung yang ikonik.

Jika Anda ingin melarikan diri dari kepenatan keseharian, maka Kepulauan Bangka adalah salah satu pilihan terbaik untuk dijadikan destinasi wisata di Indonesia.

28. Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan yang menyerupai Maladewa di Indonesia merupakan sebuah destinasi yang menarik bagi para wisatawan yang mencari petualangan. Terletak di Timur Kalimantan, pulau-pulau kecil yang tropis dan terpencil ini menjadi tantangan tersendiri bagi para wisatawan internasional untuk menuju ke sana.

Untuk mencapai Kepulauan Derawan, para wisatawan harus terbang terlebih dahulu dari Bali atau Jakarta ke Tanjung Redeb. Setelah itu, mereka harus naik perahu untuk mencapai pulau-pulau terkenal seperti Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban.

Namun, perjalanan yang sulit ini tidak menyurutkan para pengagum kehidupan laut untuk mengunjungi Kepulauan Derawan. Mereka datang untuk menyaksikan penyu raksasa, lumba-lumba, ubur-ubur, dan lebih dari 460 spesies terumbu karang yang menakjubkan.

Meskipun Kepulauan Derawan jarang dimasukkan dalam daftar destinasi wisata utama, namun hal tersebut justru memberikan Anda kesempatan untuk menikmati keindahan dan pesona alamnya yang masih alami dan belum terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan untuk menjadikan Kepulauan Derawan sebagai destinasi liburan Anda selanjutnya.

29. Dataran Tinggi Dieng

Terletak di Jawa, Dataran Tinggi Dieng merupakan destinasi yang menakjubkan layaknya cerita fiksi ilmiah supernatural. Terdiri dari kompleks vulkanik dan kawah yang mengelilingi lanskap yang luas, tempat ini menjadi rumah bagi sejumlah kuil Hindu milik abad ke-8. Air kaldera yang tercemar belerang dan kabut yang menghantui menciptakan suasana mistis yang diyakini oleh umat Hindu Jawa kuno sebagai kekuatan ilahi yang ada di Dataran Tinggi.

Terletak di ketinggian 6.500 kaki di atas permukaan laut, Dataran Tinggi Dieng menawarkan fenomena matahari terbit yang ikonik dan hanya dapat ditemukan di sini. Wisatawan dapat menyaksikan dua jenis matahari terbit yang berbeda, yaitu Matahari Terbit Keemasan dan Matahari Terbit Perak.

Jika Anda mencari pengalaman yang menggabungkan sejarah dan keindahan alam yang luar biasa, Dataran Tinggi Dieng adalah destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan di Indonesia.

30. Medan

Kota Medan, sebagai ibu kota Sumatera Utara, dikenal lebih sebagai pusat ekonomi daripada tujuan wisata. Namun, jangan salah sangka bahwa kota ini hanya dipenuhi dengan bangunan kantor dan gedung abu-abu yang membosankan. Medan ternyata juga merupakan hotspot budaya yang menarik perhatian di provinsi tersebut.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Trenggalek yang Menghadirkan Pengalaman Liburan Keluarga yang Tidak Terlupakan

Salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah Istana Maimun yang merupakan istana milik Sultan pada abad ke-19. Istana ini dirancang oleh seorang arsitek Belanda yang memiliki keunikan dan nilai sejarah yang sangat tinggi. Selain itu, Medan juga memiliki landmark yang tak kalah menarik seperti masjid dan candi Hindu yang menjadikannya sebagai kota yang indah dan layak dikunjungi oleh pecinta alam dari seluruh dunia.

Jika Anda termasuk tipe orang yang ingin menghindari destinasi wisata yang biasa-biasa saja, maka Medan adalah salah satu tempat terbaik untuk dijelajahi di Indonesia. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi kota ini dan menikmati pesona keindahan alam dan budayanya yang sangat khas.

Bonus
31. Arab Quarter, Surabaya

Arab Quarter of Surabaya, yang dikenal oleh penduduk setempat sebagai 'Qubah', merupakan kota khusus bagi komunitas Muslim di Indonesia. Kehadirannya telah ada sejak Abad ke-1 M ketika Islam diperkenalkan pertama kali ke Kepulauan Jawa. Kota ini memiliki kekayaan warisan Asia-Timur Tengah yang terbentuk selama berabad-abad di dalam pulau. Masjid Ampel menjadi puncak dari Arab Quarter, sementara tembok kota dan gang-gang lainnya menawarkan suasana budaya fusi yang tak terlupakan.

Tak hanya itu, mal-mal kota juga menjadi beberapa ikon yang menarik wisatawan ke tujuan ini. Jika Anda memiliki ketertarikan dengan budaya fusi dan ingin merasakan pengalaman yang autentik di Timur Tengah, maka Arab Quarter of Surabaya adalah salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Indonesia.

32. Padang

Kota Padang, yang merupakan ibu kota Sumatera Barat, menyimpan banyak ragam etnis di Indonesia yang menarik ribuan wisatawan setiap tahunnya. Padang bukanlah sekadar kota resor yang menawarkan pengalaman liburan yang lebih halus daripada Bali, melainkan juga menyimpan legenda menarik yang patut didengarkan oleh wisatawan.

Air Manis dan Pantai Padang yang tenang adalah destinasi yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Pantai ini memiliki 'batu' kuno yang dianggap sebagai legenda yang diyakini oleh penduduk setempat bahwa batu tersebut adalah pria yang dikutuk dan diubah menjadi batu oleh ibunya.

Bagi para pencinta kuliner, Padang juga merupakan tempat yang menarik untuk dijelajahi. Kuliner Indonesia yang unik dan lezat dapat dinikmati di sini. Selain itu, Padang juga terkenal dengan perpaduan budaya dan perayaan asli, seperti upacara Makan Bajamba dan Turun Mandi.

33. Pura Lempuyang, Bali

Salah satu lokasi paling fenomenal di Indonesia yang menjadi favorit pengunjung adalah Pura Hindu Lempuyang di Karangasem, Bali, yang populer dikenal sebagai Gerbang Surga. Namun, meski terkenal sebagai objek foto yang menakjubkan, banyak ulasan bertebaran tentang tempat ini. Terdapat trik fotografi menarik yang menghasilkan gambar pantulan danau di bawah kaki, yang menambah estetika karya fotografi. Meski demikian, ribuan wisatawan masih mengunjungi tempat ini untuk menikmati panorama alam yang luar biasa. Meskipun demikian, keindahan Pura Lempuyang seringkali terlupakan karena sorotan penuh perhatian hanya tertuju pada sudut foto yang indah. Namun, bagi pengunjung yang ingin mengeksplorasi tempat ini, trekking menembus lereng Gunung Lempuyang mungkin sedikit melelahkan, tetapi di sana terdapat kuil kuno yang menakjubkan yang patut dikunjungi dan difoto. Gerbang Surga, dengan segala keindahan alamnya, akan menjadi tempat yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Indonesia.

34. Palembang

Kota pelabuhan Palembang, sebagai ibu kota Sumatera Selatan, memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Pada Abad ke-9, Palembang menjadi kerajaan emas Kerajaan Sriwijaya dan menjadi pusat berkumpulnya para biksu India dan Cina yang ingin mempelajari ajaran Buddha lebih lanjut.

Meskipun tidak banyak bangunan istana dan pagoda yang tersisa, kuil-kuil seperti Kamaro masih mempertahankan keindahan dan pesona kota masa lalu. Selain itu, Palembang juga dikenal dengan pasar terapungnya yang unik dan hidangan lezat yang berbeda dari daerah lain di Indonesia.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Sejuk di Bogor yang Cocok untuk Melepas Penat dan Masalah

Dengan aliran air yang melimpah dan Jembatan Ampera yang menjadi ikon kota, Palembang tampak seperti Venesia versi Asia saat senja tiba. Salah satu monumen bersejarah lain yang menjadi ikon Palembang adalah Benteng Kuto Besak dari Kesultanan Darussalam pada Abad ke-16.

Jika Anda ingin mengeksplorasi kekayaan budaya Indonesia, tidak ada salahnya untuk menambahkan Palembang dalam daftar destinasi Anda.

35. Cirebon

Kota Cirebon yang terletak di Jawa Barat adalah salah satu kota pelabuhan dan destinasi wisata terkenal di Indonesia. Meskipun tidak sepopuler Bali, namun Cirebon berhasil memikat berbagai jenis wisatawan dari berbagai latar belakang.

Berkat sejarah yang kaya dan panjang, budaya Cirebon terdiri dari beragam etnis yang hidup secara harmonis. Kota ini juga menawarkan keajaiban arsitektur yang luar biasa yang dipengaruhi oleh kebudayaan Cina, Arab dan Barat.

Selain warisan sejarahnya yang indah, Cirebon juga memiliki pantai yang menakjubkan yang patut dikunjungi. Beberapa tempat yang wajib dikunjungi antara lain Keraton Kasepuhan, gua Sunyaragi, dan Alun Alun Kejaksan yang merupakan sebuah masjid yang memiliki pengaruh arsitektur Cina dan Arab.

Jika Anda sangat menggemari batik, maka Cirebon adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan.

36. Banyuwangi

Banyuwangi, yang terletak di sebelah timur Jawa dan berdekatan dengan Bali, mungkin tidak terkenal sebagai tujuan wisata yang populer. Namun, tempat ini memiliki keindahan yang tak kalah menarik dari Bali, mulai dari Gunung Ijen yang terkenal dengan warna birunya hingga Pantai Pulau Merah yang menawarkan ombak selancar yang menggoda dan pemandangan matahari terbenam yang memukau.

Tidak hanya itu, Banyuwangi juga memiliki beberapa tempat wajib dikunjungi, seperti Taman Nasional hutan hujan De Alas Purwo, Taman Nasional Meru Betiri, dan Pantai Kalipuro. Jadi, jika Anda sedang berlibur ke Bali atau mencari tempat yang belum banyak dikunjungi, jangan ragu untuk menyeberangi selat dan mengunjungi Banyuwangi.

Bagi para pelancong petualang, Banyuwangi juga menawarkan pengalaman yang tak terlupakan, mulai dari trekking, tamasya, hingga petualangan kuliner yang tidak akan pernah berakhir. Oleh karena itu, kami sangat merekomendasikan Banyuwangi sebagai salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Indonesia.



Pilihan Untuk Anda