Jelajahi 10 Destinasi Wisata Terbaik di Papua dengan Pemandangan yang Menakjubkan

Jelajahi 10 Destinasi Wisata Terbaik di Papua dengan Pemandangan yang Menakjubkan

Anda tengah merencanakan liburan ke Kota Jayapura? Jangan lewatkan destinasi wisata Papua yang sangat menarik untuk dikunjungi! Kota Jayapura menawarkan banyak pesona alam yang menakjubkan, mulai dari pantai yang indah, pemandangan bukit yang memukau, hingga kampung wisata yang eksotis. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata Papua yang wajib Anda kunjungi saat berada di Kota Jayapura. Jangan sampai terlewatkan ya!

Pantai Hamadi

Pantai Hamadi yang berlokasi 5 km ke selatan dari pusat Kota Jayapura, Papua, merupakan destinasi wisata yang populer dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini terkenal karena lokasinya yang dekat dengan pusat Kota Jayapura serta pemandangan yang menakjubkan. Hamparan laut biru dan deretan pohon cemara yang tumbuh di sepanjang area bibir pantai, juga hutan bakau yang tumbuh di air payau di sekitarnya, membuat para wisatawan terpesona. Wisatawan bisa berenang atau bersantai sembari menikmati sepoi-sepoi angin dan deburan ombak di Pantai Hamadi. Tak hanya itu, pantai ini juga memiliki nilai sejarah yang menarik, sebagai saksi bisu perang dunia II. Pantai Hamadi menjadi lokasi mendaratnya pasukan amphibi Amerika Serikat di bawah pimpinan Jenderal Douglas Mac Arthur pada tahun 1944 silam. Jika wisatawan masuk ke area Pantai Hamadi di Komplek Lantamal X, mereka bisa melihat tiga tank tentara sekutu yang dipajang di pesisir pantai itu.

Pantai Base G

Pantai Base G, atau dikenal juga sebagai Pantai Srava Cava oleh masyarakat lokal, terletak di Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura. Pantai ini telah dibuka untuk pariwisata sejak tahun 2005 dan menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Nama Base G berasal dari fungsi awal pantai ini sebagai homebase pasukan sekutu saat Perang Dunia ke-2. Para wisatawan bisa menikmati hamparan pasir putih yang lembut dan suara deburan ombak yang menenangkan di Pantai Base G. Ada juga beberapa spot memancing yang bisa digunakan para pengunjung. Pengelola pantai juga menyediakan pondok-pondok untuk tempat wisatawan bersantai. Jarak lokasi Pantai Base G dengan pusat kota sekitar 20 km dengan waktu tempuh 38 menit.

Pantai Pasir 2

Keindahan Pantai Pasir 2 di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura bisa membuat Anda terpesona. Pantai ini hanya berjarak sekitar 40 menit dari pusat kota dengan kendaraan roda empat melalui Taman Imbi. Airnya berwarna tosca yang sangat jernih. Tidak hanya itu, pantai ini juga mempunyai keunikan dari hamparan pasir yang berwarna hitam dan putih, yang menjadi inspirasi nama Pantai Pasir 2. Pantai ini terletak di cekungan kecil yang mirip teluk dengan bukit-bukit kecil yang dikelilingi rimbunan pepohonan. Pengunjung bisa menikmati berenang atau snorkeling di keindahan alam bawah laut yang menakjubkan. Jika ingin bersantai, Anda bisa menikmati panorama pantai sambil duduk di pinggir pantai yang ditemani angin semilir dan suara deburan ombak.

TWA Teluk Youtefa

TWA Teluk Youtefa adalah Taman Wisata Alam yang terletak di wilayah garis pantai Kota Jayapura. TWA ini terletak di teluk kecil di dalam teluk Yos Sudarso. Hanya setengah jam dari pusat Kota Jayapura, wisatawan sudah bisa menikmati keindahan TWA Teluk Youtefa. TWA ini merupakan kawasan konservasi yang terletak di Distrik Jayapura Selatan. Di dalamnya terdapat hutan mangrove dan beberapa hutan sagu. Terdapat hutan bakau sepanjang 200 meter dari garis pantai yang menambah keindahan TWA Teluk Youtefa. Anda bisa menikmati hutan mangrove dengan menyewa perahu dari Dermaga Kampung Tobati atau berjalan di jembatan yang dibuat khusus mengitari hutan mangrove. Pastinya, tempat ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran dan menikmati keindahan alam yang mempesona.

Bukit Jokowi

Bukit Jokowi yang terletak di perbukitan Skyland, Distrik Abepura, Kota Jayapura menawarkan pemandangan Kota Jayapura dari ketinggian 200 meter di atas permukaan laut.

Lokasinya yang dekat dengan jantung Kota Jayapura atau Abepura membuat destinasi wisata ini sangat mudah dijangkau.

Nama Bukit Jokowi diambil dari Presiden ke-7 RI, Joko Widodo, atau yang lebih dikenal sebagai Jokowi. Destinasi wisata populer ini dinamai setelah kunjungan Presiden Jokowi dan rombongan ke puncak bukit pada 2014 untuk melihat lokasi pembangunan Jembatan Holtekamp atau Jembatan Youtefa.

Wisatawan yang berkunjung ke Bukit Jokowi dapat menikmati pemandangan Kota Jayapura dari ketinggian, serta menikmati keindahan Teluk Youtefa yang berarus tenang. Ada juga banyak spot foto menarik untuk diabadikan.

Puncak Jayapura City

Puncak Jayapura City yang berada di kawasan Polimak, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura adalah bukit yang terletak di area pemancar stasiun televisi nasional TVRI.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Hanya memerlukan perjalanan 15 menit dari pusat Kota Jayapura untuk mencapai destinasi wisata ini.

Pengunjung tidak dikenakan biaya untuk masuk ke Puncak Jayapura City, namun harus membayar biaya parkir untuk kendaraan.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Malang yang Instagramable: Feed Instagram Makin Kece

Dari puncak bukit, wisatawan dapat menikmati pemandangan Kota Jayapura dari ketinggian, serta melihat keindahan pegunungan, pelabuhan, dan teluk yang berwarna biru.

Bukit ini sangat populer sebagai lokasi swafoto dengan latar pemandangan Kota Jayapura yang menakjubkan. Terdapat juga beberapa spot foto menarik di Puncak Jayapura City, termasuk kapal kayu yang menjadi latar belakang pemandangan Kota Jayapura seperti di Hollywood, California, Amerika Serikat.

Desa Wisata Tobati

Terletak di Teluk Youtefa, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Desa Wisata Tobati merupakan destinasi wisata yang memukau. Meskipun jaraknya sekitar 30 menit dari pusat kota atau sekitar 1 jam dari Bandara Sentani, kunjungan ke desa ini akan sangat berkesan.

Baca Juga: 5 Air Terjun Terkenal di Probolinggo, Termasuk Air Terjun Tertinggi di Jawa

Nama Tobati sendiri berasal dari kata Tab (matahari) dan Badic (naik/terbit) yang jika digabungkan, artinya adalah matahari terbit. Di sini, pengunjung akan menemukan perumahan warga yang berada di atas air dengan jembatan kayu yang menghubungkan rumah-rumah tersebut. Desa Tobati juga memiliki Hutan Perempuan yang hanya bisa dikunjungi oleh wanita. Laki-laki dilarang memasukinya dan akan dikenakan sanksi jika melanggar.

Selain itu, pengunjung bisa menikmati wisata perahu menyusuri teluk dan melihat situs prasejarah Gunung Srobu yang memiliki berbagai peninggalan megalitik seperti fragmen gerabah, cangkang kerang, menhir, hingga punden berundak.

Kampung Wisata Enggros

Kampung Enggros terletak di perairan Teluk Youtefa dan hanya berjarak setengah jam perjalanan dari pusat Kota Jayapura. Desa ini dianggap sebagai awal mula terbentuknya Kota Jayapura dan menawarkan pemandangan yang menarik.

Baca Juga: Liburan dan Wisata ke Jepang? Inilah 10 Tempat Terbaik yang Wajib Dikunjungi

Pengunjung dapat melihat dermaga kayu luas yang menghubungkan bangunan-bangunan di kampung ini. Selain itu, dari kampung ini, pengunjung juga dapat mengunjungi Pulau Metu Debi, tempat pertama kali pekabaran Injil di Tanah Tabi (Jayapura). Terdapat juga Lapangan Timbul Tenggelam yang menarik karena terendam air saat pasang dan kembali muncul ketika air surut.

Kampung Tahima Soroma Kayu Pulo

Berada di Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Kampung Tahima Soroma Kayu Pulo dapat dijangkau dengan speed boat selama 10 menit dari dermaga Weref.

Kampung ini menawarkan pemandangan alam yang indah, dengan laut yang jernih dan biru kehijauan yang menawan.

Tidak jauh dari kampung ini, terdapat Pulau Kosong yang memiliki pantai berpasir putih yang menawan.

Tak hanya itu, kampung ini juga memiliki dermaga yang cantik dan menarik sebagai spot foto, dengan pemandangan Kota Jayapura yang terlihat dari kejauhan di malam hari.

PLBN Skouw

PLBN Skouw terletak di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, sebagai perbatasan antara Republik Indonesia (RI) dengan Papua Nugini.

Untuk mencapai tempat ini, pengunjung harus menempuh perjalanan selama 90 menit dengan jarak sekitar 60 km dari pusat Kota Jayapura.

Sesampainya di PLBN Skouw, pengunjung akan disambut dengan pemandangan TNI yang berjaga dan ornamen khas Papua yang menghiasi bangunan megah yang dirancang dengan bentuk Rumah Tangfa.

Terdapat sejumlah spot foto yang menarik untuk dikunjungi di PLBN Skouw, yang membuat tempat ini semakin menarik untuk dikunjungi.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda