Cara Menambah Berat Badan dengan Mudah: Pilihlah Diet Tinggi Protein

Cara Menambah Berat Badan dengan Mudah: Pilihlah Diet Tinggi Protein

Tentu saja, setiap orang menginginkan tubuh yang ideal, tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk. Oleh karena itu, beberapa orang memilih untuk melakukan diet untuk mencapai impian tersebut. Namun, pembahasan tentang diet tidak selalu tentang cara menurunkan berat badan saja, melainkan juga tentang cara meningkatkan berat badan. Terkadang, menambah berat badan bisa menjadi hal yang sulit dilakukan oleh sebagian orang, dan mereka membutuhkan perencanaan menu diet yang tepat. Penyebabnya bisa beragam, seperti penyembuhan dari penyakit atau faktor usia. Selain itu, faktor genetika dan metabolisme tubuh juga dapat mempengaruhi berat badan seseorang. Jangan lewatkan tips menambah berat badan yang akan kami bagikan di bawah ini!

1. Makan lebih sering

Mencari cara untuk menambah berat badan? Ternyata, salah satu caranya adalah dengan meningkatkan frekuensi makan Anda. Tidak perlu khawatir, Anda tidak harus makan dalam porsi besar sekaligus. Cobalah untuk makan dalam porsi yang lebih kecil, namun dengan frekuensi yang lebih sering, misalnya 5 hingga 6 kali sehari. Jika Anda lebih suka makan dalam pola yang teratur, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk makan 3 kali sehari namun di antara waktu makan, jangan lupa untuk menikmati camilan kecil sebagai pengisi perut. Jangan lupa untuk menetapkan jam makan rutin dan berusaha untuk makan di jam tersebut meskipun tidak terlalu lapar. Yuk, mulai tingkatkan frekuensi makan Anda dan dapatkan berat badan yang ideal!

2. Pilih makanan dengan banyak nutrisi

Ketika memasuki jam makan rutin, pilihlah makanan yang kaya nutrisi untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Agar dapat mengetahui jumlah nutrisi yang dibutuhkan, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli diet guna mengetahui berapa kalori yang dibutuhkan setiap harinya atau setiap kali makan.

Tidak jarang, seseorang mengalami berat badan yang rendah karena kekurangan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memperhatikan asupan nutrisi dalam setiap makanan yang dikonsumsi.

Seperti yang dilansir oleh Healthline, selain memperhatikan asupan nutrisi, Anda juga dapat mengonsumsi lemak sehat seperti alpukat dan minyak zaitun sebagai alternatif. Pastikan untuk menyeimbangkan konsumsi lemak sehat, protein tanpa lemak, buah dan sayur agar tubuh mendapatkan keseimbangan nutrisi yang baik.

3. Menu Diet Protein dan Karbohidrat

Kandungan protein di dalam makanan diyakini mampu memacu pertumbuhan massa otot pada tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang kaya protein dan sehat dapat memberikan dampak yang signifikan pada berat badan seseorang.

Baca Juga: Tips Mengendarai Mobil yang Aman Terhindar Dari Kecelakaan di Jalanan

Beberapa contoh makanan yang memiliki kandungan protein tinggi adalah telur, daging, ikan, dan polong-polongan. Sementara itu, tahu, produk susu seperti yogurt, dan kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk menjaga kestabilan diet Anda.

4. Olahraga

Metode terbaik untuk meningkatkan berat badan secara sehat adalah melalui olahraga yang tepat. Salah satu olahraga yang sangat direkomendasikan adalah angkat beban. Dengan melakukan latihan ini secara teratur, tubuh akan memproduksi massa otot yang lebih banyak, sehingga berat badan akan naik secara sehat. Hal ini didukung oleh penelitian pada tahun 2011 yang menunjukkan bahwa melakukan latihan angkat beban sebanyak 3-5 kali dalam seminggu dapat meningkatkan berat badan secara signifikan. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba olahraga ini sebagai cara efektif untuk menambah berat badan yang diinginkan.

5. Minum susu

Susu telah lama menjadi pilihan minuman yang dianjurkan bagi mereka yang ingin menambah berat badan. Namun, tahukah Anda bahwa susu juga mengandung nutrisi penting yang dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk tubuh?

Baca Juga: Cara Merawat Kulit Tangan Agar Tampak Cantik dan Muda

Dalam susu terdapat keseimbangan yang baik antara protein, karbohidrat, dan lemak yang sangat diperlukan oleh tubuh. Tidak hanya itu, susu juga merupakan sumber kalsium yang sangat baik serta sumber vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 10 Cara Ampuh Memutihkan Gigi Kuning dengan Bahan Alami di Rumah

Tidak hanya itu, susu juga mengandung protein kasen dan whey yang sangat baik untuk membantu meningkatkan massa otot, terutama jika dikonsumsi sebelum atau setelah berolahraga atau bahkan sebagai camilan sehat.

Baca Juga: Cara Menjaga Kulit Tetap Lembap Selama Beraktivitas Seharian

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan manfaat luar biasa dari susu, cobalah untuk minum satu atau dua gelas susu murni setiap hari, baik sebagai camilan, setelah makan, atau sebelum dan sesudah berolahraga.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda