10 Destinasi Wisata Sejuk di Bogor yang Cocok untuk Melepas Penat dan Masalah

10 Destinasi Wisata Sejuk di Bogor yang Cocok untuk Melepas Penat dan Masalah

Salah satu objek wisata yang khas dan menarik di Bogor adalah wisata alam di sekitar pegunungan. Wisata ini menampilkan pemandangan yang sangat menakjubkan, sehingga menjadi favorit bagi para wisatawan yang ingin melepas penat dari kehidupan sehari-hari yang monoton dan membosankan.

Bagi Anda yang berencana untuk menghabiskan waktu liburan di dekat ibu kota, tidak ada salahnya mencoba beberapa rekomendasi tempat wisata di Bogor berikut ini:

1. Taman Wisata Matahari

Taman wisata ini menawarkan beragam hiburan yang seru dan menarik hati. Ada sekitar 40 jenis permainan yang tersedia untuk dinikmati pengunjung. Terdapat empat kategori wahana yang dapat dipilih, yakni wisata air, permainan, petualangan, dan wisata edukasi. Kategori wisata air mencakup berbagai macam wahana, seperti waterpark, waterplay, waterball, paddle boat, perahu naga, perahu motor, perahu karet, terapi ikan, dan lain-lain. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati permainan Flying Fox, Paint Ball, Motor ATV, Gocart, dan lain-lain. Taman Wisata Matahari terletak di Jalan Raya Puncak, Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Yuk, jangan sampai ketinggalan keseruannya!

2. Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor memiliki ragam koleksi satwa dari seluruh dunia, yang pasti akan memberikan pengalaman yang menarik bagi anak-anak dan tetap menarik untuk orang dewasa. Di samping menikmati koleksi Taman Safari, pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan hewan seperti orangutan, anjing, dan bahkan kambing yang mengagumkan. Meski tiket masuknya agak lebih mahal daripada tempat wisata lain, yaitu sebesar Rp 180.000, namun Taman Safari Bogor tetap menjadi pilihan yang tepat bagi wisatawan. Tiketnya seharga Rp 210.000 untuk orang dewasa dan anak-anak di bawah 2 tahun pada akhir pekan. Taman Safari Bogor terletak di Jalan Kapten Harun Kabir No.724, Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

3. Kebun Teh Cianten

Di wilayah Cianten, Kecamatan Leuwiliang, terdapat Kebun Teh Cianten yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII yang sangat memukau. Pesona keindahan hijau kebun teh yang dikombinasikan dengan pemandangan gunung bisa memberikan kesan memukau pada mata. Kawasan ini terletak di bawah Gunung Halimun Salak sehingga udaranya masih sangat bersih dan segar, cocok bagi mereka yang jenuh dengan polusi di kota. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di sini adalah berjalan-jalan mengelilingi kebun teh.

Baca Juga: 30 Tempat Destinasi Wisata Terbaik Wajib Dikunjungi di Indonesia

Setelah puas berkeliling, pengunjung dapat mengabadikan momen indah di banyak spot foto yang tersedia. Kebun Teh Cianten memiliki luas mencapai 850 hektar dengan ketinggian mencapai 800 - 1000 meter di atas permukaan laut, sehingga ada banyak sekali tempat yang menarik untuk dijelajahi. Wisata alam ini buka dari pukul 07.00 - 17.00 WIB dan terletak di Purasari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

4. Gunung Pancar

Kawasan Hutan Pinus Gunung Pancar di Babakan Madang, Kabupaten Bogor menjadi salah satu destinasi liburan yang sangat diminati. Tidak hanya menawarkan keindahan alam dan keasrian pesona hutan pinus, tetapi juga banyak kegiatan menarik seperti outbond dan pemandian air panas yang dapat dinikmati oleh para wisatawan. Kawasan ini terletak tidak terlalu jauh dari Jakarta dan Sentul City sehingga sangat mudah dijangkau.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata di Cirebon Mulai dari Keraton hingga Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi

Dengan keindahan alam yang memukau, kawasan perbukitan yang rimbun dengan pohon pinus menjulang, serta tersedia tempat berkemah bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana hutan pinus yang sejuk dan asri bersama keluarga atau teman, Gunung Pancar memang menjadi destinasi wisata yang sangat menarik. Alamatnya berada di Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

5. Curug Ciherang

Ketika mendengar kata "Curug Ciherang," pasti tak bisa menahan rasa penasaran untuk segera mengunjunginya. Curug ini terletak di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, dan memiliki pesona eksotis yang tak bisa diabaikan. Tak hanya keindahan alamnya yang menakjubkan, curug ini juga menawarkan pengalaman berenang yang sangat menyenangkan di cekungan di dasarnya. Selain itu, di sekitarnya terdapat dinding tebing yang kokoh dan ditumbuhi pepohonan tinggi, memberikan sensasi petualangan yang seru.

Baca Juga: 10 Pantai Terindah di Indonesia, Terakhir Wajib Dikunjungi

Tak hanya curug, Anda juga dapat menikmati fasilitas wisata lainnya seperti rumah pohon yang menantang, jembatan gantung yang panjang, dan kolam renang yang menyegarkan. Pastikan Anda memiliki mental yang cukup kuat untuk melewati jembatan gantung yang panjang hingga mencapai rumah pohon yang menakjubkan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen seru Anda di spot selfie yang disediakan di sekitar kolam renang, dan jangan lewatkan keseruan menikmati wahana seluncuran, air mancur, serta ember raksasa di sana. Dengan lokasinya yang terletak di Sirnajaya, Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Curug Ciherang wajib masuk dalam daftar destinasi wisata terbaikmu.

6. Desa Wisata Malasari

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Desa Wisata Malasari yang dijuluki sebagai Ubudnya Bogor! Desa ini menawarkan suasana pedesaan yang memukau dengan area persawahan yang terhampar berundak-undak. Pada musim panen, pengunjung dapat menyaksikan upacara seren taun dan sedekah bumi yang masih lestari. Wisata yang terletak di sisi utara Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini menawarkan kehidupan pedesaan yang asri dengan pemandangan alam yang memukau. Di samping pemandangan persawahan, Desa Wisata Malasari juga menawarkan kebun teh yang menakjubkan sebagai tempat favorit untuk berfoto. Desa ini memiliki Nirmala Agung, sebuah kebun teh yang sangat luas seluas 971,22 hektar dengan ketinggian antara 1200 hingga 1900 meter di atas permukaan laut. Jangan lupa kunjungi Jalan Karamat Banteng, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor untuk menikmati liburan yang tak terlupakan!

7. Curug Seribu

Jika Anda sedang berkunjung ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi salah satu curug yang paling menarik yaitu Curug Seribu. Anda akan dimanjakan dengan keindahan alam yang luar biasa selama perjalanan menuju Curug Seribu. Di sepanjang jalan, Anda akan disuguhi pemandangan indah seperti ladang, perkebunan, dan sawah yang membentang luas. Walaupun Anda harus berjalan cukup jauh dari tempat parkir untuk sampai ke Curug Seribu, namun keindahannya akan sebanding dengan usaha yang Anda lakukan. Anda akan menikmati gemuruh suara air terjun yang deras, keindahan pemandangan sekitar, kejernihan air yang mengalir ke sungai, serta kesegaran udara yang dihirup. Curug Seribu terletak di Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam yang spektakuler ini saat Anda berkunjung ke TNGHS.

8. Leuwi Hejo

Jika Anda ingin menikmati keindahan alam air terjun atau curug, cobalah berkunjung ke Leuwi Hejo yang terletak di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Di sana, Anda akan menemukan air terjun yang jernih dan pemandangan yang sangat asri saat melakukan jalur tracking. Selain itu, Anda dapat berenang, menyelam, dan bermain air terjun yang ada di sini. Anda akan merasakan suasana alam yang masih sangat asli dengan di kelilingi oleh pohon-pohon besar dan tebing. Leuwi Hejo terletak di Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ini adalah destinasi wisata yang sangat menarik untuk dijelajahi!

9. Telaga Warna

Destinasi wisata Telaga Warna di kawasan Puncak Bogor menjadi favorit bagi banyak wisatawan. Keindahan alam yang ditawarkan, seperti pemandangan gunung yang hijau dan pepohonan yang menyegarkan akan membuat Anda betah berlama-lama di sana. Selain itu, yang membuat Telaga Warna unik adalah warna airnya yang bisa berubah-ubah tergantung dari pantulan sinar matahari dan pepohonan. Anda bisa berfoto di tepi danau dengan latar belakang pegunungan yang memukau, dan bahkan menyewa rakit untuk berfoto di tengah telaga.

Baca Juga: Rabbit Town Bandung: Wisata Seru dengan Fasilitas Terlengkap di Kota Bandung

Namun, bukan hanya keindahan alamnya yang menarik perhatian wisatawan, di sekitar Telaga Warna juga terdapat berbagai macam flora dan fauna. Salah satunya adalah kera yang ramai berkeliaran di kawasan tersebut. Anda bahkan akan disambut oleh gerombolan kera yang lucu dan berekor panjang saat membeli tiket masuk. Jangan khawatir, kera-kera di Telaga Warna tidak akan mengganggu aktivitas Anda sebagai pengunjung.

Baca Juga: 20 Tempat Wisata Terbaik Wajib Dikunjungi di Singapura

Alamat Telaga Warna berada di Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi destinasi wisata yang indah ini!

10. Gunung Mas Tea Hills

Kawasan Gunung Mas merupakan sebuah destinasi agrowisata perbukitan yang menakjubkan dengan keindahan hamparan perkebunan teh hijau yang mempesona di sekelilingnya. Pemandangan alam yang indah nan asri akan membuat para pengunjung merasa terpuaskan. Selain berjalan-jalan menikmati kebun teh yang menakjubkan, pengunjung juga dapat berkuda untuk mengelilingi perkebunan teh yang luas. Jika lelah berkeliling, terdapat tea corner dan tea cafe yang siap menyediakan berbagai macam teh nikmat yang bisa dinikmati di tengah suasana kebun teh yang hijau menyegarkan. Di sini juga tersedia banyak fasilitas menarik lainnya seperti kolam terapi ikan, paralayang, panahan dan lain sebagainya. Bahkan, jika Anda ingin tinggal lebih lama di sini, tersedia penginapan dan area perkemahan yang nyaman di dalam kawasan Gunung Mas Tea Hills. Lokasinya berada di Jalan Raya Puncak KM. 87, Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Yuk, jangan sampai ketinggalan keseruan di Gunung Mas Tea Hills!

Baca Juga: Obelix Hills Sunset View: Destinasi Wisata Seru Yogyakarta



Pilihan Untuk Anda