15 Tempat Wisata di Thailand yang Wajib Dikunjungi

15 Tempat Wisata di Thailand yang Wajib Dikunjungi

Thailand merupakan suatu tempat yang memikat hati dengan pemandangan yang beragam, mulai dari kota-kota modern yang penuh dengan sepeda motor dan tuk-tuk, kuil Buddha yang dijaga oleh biksu berpakaian oranye, suku bukit yang menjual kerajinan tangan, hingga pemandangan hijau subur yang dihiasi dengan desa pertanian tradisional, reruntuhan kuno dan garis pantai yang menakjubkan yang dihiasi dengan pantai yang indah serta laguna biru.

Bagi yang ingin mengeksplorasi keindahan pulau-pulau tropis, Thailand memiliki Kepulauan yang sangat menarik. Tetapi jika lebih tertarik dengan kehidupan kota yang ramai, Bangkok siap memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

1. Ko Phi Phi


Terletak di lepas pantai tenggara Phuket di Provinsi Krabi, kepulauan Pulau Phi Phi menawarkan pemandangan yang luar biasa indah. Pulau terbesarnya, Ko Phi Phi Don, merupakan tujuan liburan yang sangat populer dengan keindahan pantainya yang mempesona, tebing batu kapurnya yang memukau, dan suasana yang menyenangkan.

Tonsai Bay dan Long Beach sangat diminati oleh para wisatawan, namun bagi yang mencari ketenangan, pantai-pantai tersembunyi seperti Phak Nam Bay dapat menjadi tempat peristirahatan yang tenang jauh dari keramaian. Anda juga dapat mencoba mendaki ke Phi Phi Viewpoint, yang menawarkan pemandangan 360 derajat yang sangat dramatis ke seluruh pulau. Oleh karena itu, berkunjung ke Pulau Phi Phi akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

2. Bangkok


Bangkok, ibu kota Thailand dan kota terbesar di negara ini, menyimpan pesona yang menakjubkan. Kota kosmopolitannya yang dipenuhi dengan gedung-gedung tinggi, istana megah, dan kuil kuno, membuat siapa saja merasa terpesona. Selain itu, Bangkok juga memiliki beragam klub malam yang berkilauan, pasar yang ramai, dan jalan-jalan yang dipenuhi dengan pedagang yang menjajakan suvenir dan makanan yang menggiurkan. Meski dikenal sebagai hutan beton yang penuh sesak dengan lalu lintas dan polusi udara, keindahan alam Bangkok dapat ditemukan di kanal yang tersisa, ruang hijau, dan tanaman tropis yang berbunga.

Terletak di Thailand Tengah, Bangkok adalah kota luas yang cocok untuk semua orang. Khao San Road adalah tempat yang populer dengan situs-situs menarik dan belanja murah serta kehidupan malam yang memikat. Bangkok juga terkenal dengan banyaknya kuil seperti Wat Phra Kaew yang sangat sakral, yang berisi patung Buddha Zamrud. Taman hiburan, kebun binatang, dan taman air semuanya menawarkan kesenangan keluarga. Sementara itu, belanja di Bangkok menawarkan pengalaman yang luar biasa dengan banyak pusat perbelanjaan dan pasar, termasuk pasar terapung yang terkenal. Jangan lupa, Bangkok juga memiliki tempat olahraga yang menyelenggarakan pertandingan tinju Thailand yang menarik perhatian.

3. Chiang Mai


Chiang Mai, kota yang diapit oleh pegunungan di Thailand utara, menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan lanskapnya, mengenal budaya suku bukit, serta berpetualang di alam bebas. Namun, jangan salah, kota ini memiliki banyak pesona dengan bangunan-bangunan sejarah dan arsitektur modern yang hidup berdampingan, serta kekayaan tradisi budaya Thailand yang masih kental terasa.

Tak lengkap rasanya jika mengunjungi Chiang Mai tanpa berjalan-jalan di sekitar pusat kota yang bersejarah dengan tembok kota tua yang indah dan puluhan kuil kuno yang memukau. Tapi, yang paling terkenal di antaranya adalah Wat Phrathat Doi Suthep yang terletak di lereng gunung dengan pemandangan kota yang menakjubkan. Jangan lupa juga untuk mengunjungi pasar kerajinan tangan, tempat menginap yang beragam, kebun raya, dan taman alam gajah di mana pengunjung dapat bermain air bersama gajah yang lucu dan menggemaskan. Chiang Mai memang tempat yang tak boleh dilewatkan bagi para pecinta petualangan dan keindahan alam Thailand.

4. Koh Tao


Pulau kecil Tao yang terletak di lepas pantai tenggara Thailand memiliki daya tarik yang luar biasa. Pulau seluas 21 km persegi ini awalnya tidak berpenghuni hingga akhir 1900-an, namun kini menjadi destinasi wisata yang semakin populer. Dengan pantai berpasir putih yang menawan, hutan hijau yang rimbun, dan formasi batuan granit yang spektakuler, pulau ini menyediakan bungalow mewah bagi pengunjung yang ingin menikmati pesona alamnya.

Baca Juga: 10 Tempat yang Harus Dikunjungi Ketika Liburan ke Bandung

Koh Tao juga dikenal sebagai lokasi scuba diving dan snorkeling utama. Teluk-teluk dangkal, arus yang mudah dan terumbu karang yang indah menarik banyak pengunjung yang ingin belajar cara menyelam skuba atau meningkatkan sertifikasi scuba diving mereka. Ada banyak sekolah menyelam di Mae Hat, kota utama pulau itu, serta di tempat lain di sekitar pulau. Terumbu karang Koh Tao menyimpan beragam kehidupan laut yang menakjubkan seperti ikan kupu-kupu, kelelawar, hiu paus, dan hiu banteng. Pulau ini benar-benar sebuah surga bagi penggemar kegiatan laut.

5. Railay


Semenanjung kecil yang disebut Railay atau Rai Leh di Thailand selatan, terkenal dengan keindahan pantainya dan suasana tenang yang menarik. Namun, untuk mengaksesnya hanya dapat dilakukan dengan perahu karena tebing kapur yang tinggi memotong akses daratan. Tak hanya itu, tempat ini juga menjadi tempat favorit bagi para pemanjat tebing dari seluruh dunia. Meskipun hampir semua bidang tanah yang dapat dibangun telah diambil alih oleh resor bungalow, namun tak perlu khawatir karena kebanyakan konstruksinya tersembunyi di antara pepohonan atau terletak di tengah taman yang indah. Meski begitu, pembangunan masih terus berlanjut menuju hutan di belakang, namun setidaknya tidak ada bangunan bertingkat tinggi yang mengganggu keindahan alamnya.

6. Kanchanaburi


Terletak di bagian barat Thailand yang indah, Kanchanaburi menawarkan pemandangan yang memukau dan aksesibilitas ke taman nasional dan air terjun yang menakjubkan. Tapi yang paling menarik perhatian adalah jembatan besinya yang terhubung dengan Death Railway ke Burma yang bersejarah, di mana ribuan pekerja Asia dan tawanan perang meninggal saat pendudukan Jepang selama Perang Dunia II. Kota ini juga menawarkan museum dan pemakaman perang, serta banyak hotel dan kuil yang menakjubkan, termasuk Kuil Harimau yang paling terkenal. Selain itu, Anda dapat mengeksplorasi taman nasional yang luar biasa seperti Taman Nasional Erawan dan Srinakarind, yang menampilkan pemandangan yang memukau, air terjun, gua, dan kunjungan ke desa-desa suku. Jadi, pastikan untuk menambahkan Kanchanaburi dalam daftar liburan Anda berikutnya.

7. Ko Chang


Baca Juga: Keindahan Tersembunyi: 7 Destinasi Wisata Favorit Kamboja yang Harus Dikunjungi

Ko Chang, pulau terbesar kedua di Thailand yang terletak di lepas pantai tenggara negara itu dekat perbatasan Kamboja, menawarkan liburan tropis yang memikat hati para wisatawan. Terdapat segala yang diinginkan oleh para wisatawan, mulai dari bentangan pantai berpasir yang panjang hingga hutan hujan yang masih belum terjamah. Ada banyak kegiatan seru yang dapat dilakukan di pulau ini, seperti scuba diving, kayak, dan trekking hutan.

Pantai Pasir Putih, yang terletak di sudut barat laut pulau, merupakan tempat paling populer untuk bermalas-malasan di pantai dalam kemewahan. Pantai terpanjang di Ko Chang ini dipenuhi dengan resor dan hotel. Bagi yang mencari kesenangan dengan anggaran terbatas, Pantai Hat Tha Nam di pantai barat daya Ko Chang bisa menjadi pilihan. Di sini terdapat beragam akomodasi, mulai dari bungalow pedesaan hingga rumah pohon, dengan harga yang ramah di kantong. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati bar dan restoran yang bermunculan di sepanjang garis pantai.

8. Ayutthaya


Pada tahun 1350, kota Ayutthaya didirikan di lembah Sungai Chao Phraya di Thailand Tengah dan menjadi ibu kota Kerajaan Thailand yang spektakuler. Kota ini terletak di pulau yang dikelilingi oleh tiga sungai yang menghubungkannya ke Teluk Siam, menciptakan sebuah panorama yang luar biasa. Dengan tiga istana dan lebih dari 400 kuil, Ayutthaya adalah situs yang sangat menakjubkan. Selama abad ke-14 hingga ke-18, kota ini berkembang pesat dan populasinya mencapai hampir 1.000.000 pada tahun 1700. Selain itu, Ayutthaya juga dikenal sebagai pusat perdagangan dan titik penghubung antara Barat dan Timur. Meskipun kota ini dihancurkan oleh Burma pada 1767 dan sebagian besar bangunannya telah runtuh, beberapa bangunan masih berdiri kokoh dan menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Thailand.

9. Taman Nasional Khao Sok


Baca Juga: 8 Tempat Wisata di Jakarta, No 1 Wajib Dikunjungi!

Taman Nasional Khao Sok, yang dikelilingi oleh pegunungan kapur yang menjulang tinggi dan hutan tropis yang rimbun, memiliki beberapa pemandangan yang menakjubkan di Thailand. Taman nasional ini telah ada sejak 160 juta tahun yang lalu, menjadikannya lebih tua dari hutan hujan Amazon yang terkenal.

Taman ini memiliki daya tarik utama yaitu danau Cheow Lan yang berkilauan dan dihiasi dengan rumah rakit apung dan perahu ekor panjang berwarna-warni. Selain itu, taman ini juga memiliki hutan hujan perawan terbesar di Thailand Selatan. Di dalam hutan, para pengunjung dapat menemukan air terjun, gua tersembunyi, dan pohon buah-buahan liar yang sangat menarik. Ada juga kegiatan seperti ziplining dan kayak dan tubing di Sungai Sok yang menarik.

Tidak hanya itu, banyak orang datang ke Khao Sok untuk melihat beragam satwa liar. Lebih dari lima persen spesies di planet ini hidup di dalam taman, dan pengunjung dapat melihat makhluk kecil seperti tapir Malaysia, babi hutan, dan kera ekor babi. Meskipun penampakan hewan yang lebih besar seperti gajah dan harimau Asia lebih jarang, namun mereka masih dapat ditemukan di taman ini. Oleh karena itu, Taman Nasional Khao Sok adalah tempat yang patut dikunjungi bagi mereka yang mencari petualangan dan keindahan alam.

10. Phuket


Baca Juga: 10 Tempat Destinasi yang Wajib Dikunjungi di Malaysia Tahun 2023

Phuket, sebuah pulau yang terletak di Thailand Selatan, dikenal dengan keindahan pantainya yang memukau, kesempatan penyelaman yang luar biasa, dan fasilitas spa mewah yang menggoda hati. Terhubung dengan daratan oleh dua jembatan, Phuket merupakan tujuan wisata terkemuka di Thailand. Di sini, terdapat banyak sekali atraksi menarik yang bisa dikunjungi, dengan pantai menjadi daya tarik utamanya. Pantai dengan pasir putih, laguna biru, dan kegiatan air yang menyenangkan dapat ditemukan di mana-mana. Namun, pantai yang paling populer adalah Pantai Patong, yang juga menyediakan berbagai macam resor, hotel, toko, restoran, dan kehidupan malam yang semarak.

Selain pantai, Phuket juga memiliki banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi, seperti Teluk Phang Nga dengan gua-gua yang indah, gua-gua air, dan pulau-pulau kapur yang tak terlupakan. Selain itu, Phuket juga merupakan tempat yang sempurna untuk relaksasi dan memanjakan diri dengan berbagai pilihan yang berkisar dari tenda pijat di pantai hingga spa kelas dunia dalam pengaturan yang menakjubkan.

Bagi yang mencari petualangan dan kesenangan, Phuket juga menawarkan banyak sekali pilihan, seperti akuarium dan museum kerang, taman nasional dengan arung jeram, kayak laut, scuba diving, trekking hutan, dan masih banyak lagi. Dengan segala keindahan dan keberagaman yang dimilikinya, Phuket adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi siapa pun yang ingin merasakan pesona Thailand Selatan.

11. Rung Phanom


Baca Juga: 10 Pantai Terindah di Indonesia, Terakhir Wajib Dikunjungi

Terletak di gunung berapi yang sudah punah di timur laut Thailand, Phanom Rung adalah sebuah kompleks kuil Hindu yang sangat menarik untuk dijelajahi. Dibangun oleh budaya Khmer pada abad ke-10 hingga ke-13 sebagai bentuk penghormatan kepada dewa Hindu, Siwa, kuil ini terbuat dari batu pasir dan laterit. Tidak hanya itu, Phanom Rung juga dibangun untuk merepresentasikan Gunung Kailash, rumah suci Siwa.

Dengan menghadap ke timur, kompleks ini mempunyai 15 pintu tempat kudus yang terkenal karena matahari bersinar melalui pintu-pintu tersebut empat kali dalam setahun. Acara ini menarik perhatian para wisatawan dan membuat taman ini memperpanjang jam bukanya. Pada bulan April, penduduk setempat juga merayakan Festival Phanom Rung dengan upacara Brahmana kuno dan pertunjukan suara dan cahaya modern. Tidak ada alasan untuk melewatkan tempat yang sangat indah ini saat berkunjung ke Thailand.

12. Pai


Seiring perkembangan zaman, Pai, yang dulunya hanya sebuah desa tenang di Thailand utara, kini telah berkembang menjadi sebuah kota yang pesat. Terletak di bagian dari Mae Hong Son Loop, yang membentang antara Chiang Mai dan Mae Hong Son, kota ini dikenal dengan keindahan lembahnya dan suasana yang santainya. Tak heran bila Pai menjadi destinasi favorit bagi para backpacker dan wisatawan yang ingin menjelajahi wilayah ini.

Baca Juga: 9 Destinasi Pantai Terbaik di Jawa Barat untuk Liburan Keluarga

Dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang datang, Pai telah meningkatkan fasilitas pariwisatanya dengan menyediakan banyak wisma, restoran, toko suvenir, dan bar. Daya tarik lainnya adalah Pasar Rabu Pai yang menarik banyak orang dari desa-desa di sekitar Lembah Pail.

Tidak hanya itu, dengan lokasinya yang berada di kaki pegunungan, Pai menjadi basis bagi para wisatawan untuk menjelajahi tempat-tempat wisata alam, melakukan tur trekking dan kunjungan ke suku-suku bukit seperti Lisu, Karen, Lahu, dan Hmong. Selain itu, di luar kota terdapat spa, kamp gajah, mata air panas, dan air terjun yang indah. Wisatawan juga dapat menikmati petualangan tubing dan air putih di Sungai Pai. Beberapa situs lain yang harus dikunjungi antara lain Pai Canyon, Jembatan Peringatan Perang Dunia II, dan desa Cina yang menawarkan teh dan kincir ria yang ditenagai oleh manusia.

13. Chiang Rai


Chiang Rai, kota paling utara di Thailand, mempunyai daya tarik yang tak bisa diabaikan. Kota ini merupakan basis yang tepat untuk menjelajahi Segitiga Emas yang terletak di perbatasan Thailand, Laos, dan Myanmar. Selain itu, kota ini juga menawarkan berbagai hal menarik bagi wisatawan yang datang ke sana. Meski terlihat sepi pada siang hari, malam hari menjadi saat yang paling ramai dengan lampu neon yang berkilauan dan kios suvenir dan restoran yang mulai bermunculan.

Di sana, terdapat beberapa museum yang memamerkan warisan, budaya, dan seni lokal yang patut untuk dikunjungi. Taman Saun Mai Ngam juga menjadi tempat yang tepat untuk bersantai atau menghadiri festival bunga yang digelar di akhir tahun. Selain itu, pasar dan bazar malam juga menawarkan makanan, kerajinan tangan, suvenir, dan pertunjukan budaya gratis. Pantai Chiang Rai yang indah dan damai juga menjadi tempat yang ideal untuk piknik dan pesiar perahu sungai.

Namun, jangan sampai Anda melewatkan tempat-tempat menarik di luar kota seperti Gerbang Siam yang menawarkan pemandangan yang indah di perbatasan Laos. Taman Hutan Namtok Khun Kon dengan jalan-jalan alam dan air terjun yang indah serta Gua Bukit Singa yang dikelilingi oleh pemandangan indah dan jalur pendakian, dan juga area piknik, semuanya patut dikunjungi. Jangan khawatir, berbagai perusahaan tur yang beroperasi dari Chiang Rai akan memandu Anda ke suku-suku bukit terdekat untuk mengalami budaya dan tradisi mereka yang unik.

14. Ko Samui


Walau Ko Samui merupakan pulau terbesar ketiga di Thailand, sebagian besar pelancong belum mengetahuinya hingga kedua backpacker pemberani mengunjunginya pada tahun 1970-an. Namun, berita tentang keindahan pulau-pulau pantai segera menyebar, sehingga hari ini Ko Samui menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di seluruh Asia. Berbeda dengan pulau tetangganya Phangan yang terkenal dengan "Pesta Bulan Purnama", Ko Samui lebih berkembang dan menawarkan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman, termasuk bandara internasional. Meskipun begitu, pulau ini tetap memiliki sejumlah pantai yang tenang dan terpencil, seperti Little Chaweng yang bisa dicapai dengan mengarungi.

Selain menawarkan pemandangan alam yang indah, Ko Samui juga menyuguhkan pengalaman perjalanan sosial yang menyenangkan. Di pusat transportasi Ko Samui, Na Thon, terdapat banyak restoran dan bar yang ramai. Pulau ini juga terkenal dengan ukiran kelapa dan pakaian batik cetak tangan. Tak ketinggalan, Ko Samui memiliki beberapa kuil Buddha penting yang patut dikunjungi, seperti Wat Khunaram yang menampilkan sisa-sisa mumi biksu yang dihormati, serta Wat Phra Yai yang menampilkan sosok Buddha duduk setinggi 3 meter yang dikenal sebagai "Buddha Besar".

Bagi pengunjung yang lebih menyukai petualangan, Ko Samui juga memiliki kawasan hutan pegunungan dengan beberapa air terjun menakjubkan, termasuk air terjun setinggi 20 meter yang jatuh ke kolam yang sempurna untuk berenang. Jalan yang berkembang dengan baik di sekitar pulau juga memudahkan pengunjung untuk menjelajahi semua yang ditawarkan oleh tujuan wisata populer ini.

15. Sukhothai


Sukhothai, sebuah kota kecil di Thailand utara, menawarkan pengalaman wisata yang menarik dengan reruntuhan kota kuno yang memikat. Sebagai ibu kota pertama Thailand pada abad ke-13, Sukhothai memiliki banyak kuil, istana, dan monumen yang terawat dengan baik di Taman Sejarah Sukhothai. Dengan berbagai zona dan kuil yang digali, terdapat banyak hal menarik yang bisa ditemukan di sana, seperti relik Buddha yang berdiri dan stupa berbentuk teratai di Wat Mahathat. Taman juga dilengkapi dengan danau yang berkilauan, parit cekung, dan taman yang terawat, serta Museum Nasional Ramkhamhaeng yang memperkaya pengalaman wisata dengan koleksi artefak dan benda bersejarah. Selain itu, dekatnya Taman Nasional Sri Satchanalai dan Taman Nasional Ramkhamhaeng juga menawarkan pemandangan alam dan rekreasi luar ruangan yang layak untuk dikunjungi. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi Sukhothai, tempat yang memikat dengan keindahan sejarah dan alamnya.



Pilihan Untuk Anda