Simak Kelebihan dan Kekurangan Plafon Gypsum Sebelum Memutuskan untuk Pasang di Rumah

Simak Kelebihan dan Kekurangan Plafon Gypsum Sebelum Memutuskan untuk Pasang di Rumah

Ada berbagai jenis plafon atau sekatan pada langit-langit yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasinya. Namun, salah satu yang paling diminati adalah plafon gypsum yang terkenal dengan kualitasnya yang baik.

Plafon gypsum terbuat dari bahan alami sedimen yang ramah lingkungan dan cocok untuk dipakai di properti rumah. Ukuran lembaran gypsum yang tersedia di toko-toko bangunan biasanya adalah 120 x 240 cm dengan ketebalan bervariasi tergantung pada harga yang ditawarkan, mulai dari 9 mm hingga 15 mm.

Baca Juga: Mau Diet Nasi? Inilah 5 Makanan Pengganti Nasi yang Wajib Dicoba

Tidak heran, banyak masyarakat yang memilih plafon gypsum untuk kebutuhan bangunan mereka karena kualitasnya yang terbukti dan keindahannya yang dapat meningkatkan tampilan ruangan. Jadi, apa yang membuat plafon gypsum lebih diminati daripada jenis plafon lainnya? Yuk, temukan jawabannya!

Kelebihan Plafon Gypsum

Plafon gypsum memiliki beragam kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan utama bagi keluarga modern. Kelebihan tersebut antara lain berkaitan dengan estetika ruangan yang dihasilkan. Berikut adalah beberapa poin yang menjelaskan keunggulan plafon gypsum:

  1. Gypsum mampu menciptakan nuansa estetik yang tinggi pada ruangan. Teknik lis dan ceiling center pada gypsum sangat diincar pada pembangunan properti. Selain itu, gypsum juga bisa disesuaikan dengan keinginan, seperti bentuk bertingkat, drop up ceiling, atau bahkan bentuk kubah.
  2. Plafon gypsum mudah diperbaiki jika terjadi kerusakan pada bagian tertentu. Anda tidak perlu melakukan pembongkaran total, cukup dipoles dengan cat, dipotong, dan diplester.
  3. Gypsum memiliki harga yang sangat ekonomis dan dapat disesuaikan dengan keadaan rumah Anda. Selain itu, biaya tenaga kerja untuk pemasangan gypsum juga tergolong ekonomis.
  4. Material gypsum sangat ramah lingkungan dan berstandar nasional yang terjamin aman. Gypsum dapat didaur ulang dan mudah beradaptasi dengan suhu ruangan sehingga dapat menghemat energi bumi. Gypsum juga aman bagi kesehatan keluarga Anda.

Dengan keunggulan-keunggulan yang dimilikinya, plafon gypsum menjadi pilihan yang sangat menarik bagi keluarga modern yang ingin menciptakan ruangan yang estetik, mudah diperbaiki, ekonomis, dan ramah lingkungan.

Kekurangan Plafon Gypsum

Ada kemungkinan bahwa penggunaan gypsum dengan material alaminya dapat menciptakan kerentanan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa hal ini sangat tergantung pada kondisi lingkungan sekitar, khususnya suhu lembap. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan agar penggunaan plafon gypsum Anda dapat berjalan lancar:

Kebocoran air dapat merusak gypsum

Dibandingkan dengan jenis plafon lainnya seperti plafon PVC, plafon gypsum lebih rentan terhadap kerusakan akibat kelembapan. Gypsum yang terkena kelembapan akan meninggalkan noda bercak dan akan hancur jika dibiarkan terlalu lama. Solusinya adalah memasang plafon gypsum di ruangan yang kering, dan hindari memasangnya di ruangan yang lembap seperti kamar mandi.

Membutuhkan perawatan berkala

Gypsum membutuhkan perawatan berkala karena rentan terhadap kerusakan akibat kelembapan dan benturan. Bagian yang kusam atau terkena jamur harus segera ditangani dengan pengecatan ulang, begitu juga jika terjadi kerusakan pada bagian plafon gypsum. Walaupun sedikit, segera lakukan perbaikan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

Menjaga suhu selama pemasangan

Suhu ruangan saat pemasangan plafon gypsum harus tetap konsisten untuk mencegah kelepasan sambungan antar gypsum. Selain itu, saat perawatan, pastikan ruangan memiliki ventilasi udara yang cukup baik agar kelembapan terkontrol. Baca dan pahami instruksi pabrik dengan lengkap tentang kontrol suhu selama pemasangan dan perawatan plafon gypsum di rumah Anda.

Baca Juga: 10 Peralatan Mendaki Gunung yang Harus Anda Bawa, Jangan Sampai Terlewatkan!

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda