8 Tempat Wisata di Cirebon Mulai dari Keraton hingga Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi

8 Tempat Wisata di Cirebon Mulai dari Keraton hingga Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi

Cirebon, sebuah kota di Jawa Barat yang menghubungkan Jakarta-Semarang-Surabaya, memiliki tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Terletak di wilayah yang strategis di pesisir utara Pulau Jawa atau jalur Pantura, membuat Cirebon memiliki banyak tempat wisata yang menarik mulai dari wisata religi, alam, hingga sejarah. Dengan dibukanya Tol Cipali, kota udang ini selalu ramai disinggahi oleh wisatawan. Oleh karena itu, berikut ini disajikan rekomendasi tempat wisata di Cirebon yang seru dan menarik untuk dikunjungi.

Destinasi Wisata Bersejarah Keraton Kasepuhan Cirebon

Jangan lewatkan untuk mengunjungi Keraton Kasepuhan Cirebon ketika berkunjung ke Cirebon! Bagi penggemar sejarah, tempat wisata ini merupakan destinasi yang sangat cocok untuk dikunjungi. Keraton Kasepuhan Cirebon merupakan bangunan bersejarah yang didirikan pada masa penyebaran agama Islam oleh Pangeran Cakrabuana pada sekitar tahun 1529. Lokasinya terletak di Jalan Kasepuhan No. 43, Kesepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat dan mudah diakses dari Stasiun Kejaksan atau Terminal Bus Harjamukti.

Situs Bersejarah Goa Sunyaragi

Goa Sunyaragi merupakan salah satu cagar budaya di Cirebon yang wajib dikunjungi. Taman Sari Sunyaragi atau Goa Sunyaragi terletak di atas lahan seluas 15 hektar di Kecamatan Kesambi. Dulunya, Goa Sunyaragi digunakan sebagai tempat untuk meningkatkan ilmu kanuragan serta memperdalam teknik berperang bagi para pembesar dan prajurit keraton. Goa ini dibuat oleh Pangeran Kararangen pada sekitar tahun 1703 Masehi yang merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati.

Pesona Pantai Kejawanan

Cirebon menyimpan destinasi wisata yang sangat menarik, yakni Pantai Kejawanan. Lokasi wisata ini berada di Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Salah satu keindahan Pantai Kejawanan adalah panorama matahari terbenam yang sangat menakjubkan. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Kejawanan adalah sore hari.

Rekreasi Seru di Cirebon Waterland

Selain Pantai Kejawanan, ada destinasi wisata menarik lainnya di Cirebon yaitu Cirebon Waterland Ade Irma Suryani. Tempat rekreasi ini memiliki luas sekitar 3 hektar dengan berbagai macam wahana permainan air yang seru. Cirebon Waterland terletak di Jl. Yos Sudarso No.1, Desa Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas seperti mini coaster, ATV, restoran, food court, playground, dan lainnya.

Kawasan Batik Trusmi

Selain terkenal sebagai destinasi wisata sejarah dan religi, Cirebon juga memiliki kawasan wisata yang unik yaitu Kawasan Batik Trusmi. Kawasan ini merupakan pusat industri batik di Cirebon yang terletak di Plered, sekitar empat kilometer dari sebelah barat Kota Cirebon. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai macam kain batik Cirebon yang menarik. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menikmati kuliner khas Cirebon yang lezat di kawasan Kawasan Batik Trusmi.

Bukit Gronggong

Bagi Anda yang senang dengan wisata alam, Bukit Gronggong bisa menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Cirebon. Lokasinya berada di antara Cirebon dan Kuningan dan menawarkan pengalaman wisata romantis yang pastinya menarik perhatian para wisatawan. Selain itu, Bukit Gronggong juga menyajikan panorama alam yang sangat indah. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada sore hari menjelang malam karena pengunjung dapat menyaksikan keindahan gemerlap lampu kota Cirebon dari puncak bukit.

Keraton Kanoman

Keraton Kanoman adalah destinasi wisata yang patut dikunjungi di Cirebon. Bangunan keraton ini dibangun pada tahun 1678 oleh Pangeran Muhamad Badrudin Kartawijaya atau Sultan Anom I, dan menjadi salah satu peninggalan Kerajaan Cirebon yang masih berdiri hingga saat ini. Selain bangunan keraton yang menakjubkan, Anda juga dapat menikmati suasana alun-alun dan pasar di sekitarnya yang kini digunakan sebagai tempat arena publik.

Wisata Kera Plangon

Tidak perlu jauh-jauh ke Bali untuk menikmati destinasi wisata seru seperti Hutan Monyet Sangeh, karena Cirebon memiliki Wisata Kera Plangon yang mirip. Terletak di atas bukit yang dikelilingi hutan, tempat ini dijaga oleh kawanan kera liar yang membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi. Namun, Anda perlu berhati-hati karena kawanan kera dikenal agresif dan kurang ramah terhadap pengunjung. Jangan lewatkan keseruan yang ada di Wisata Kera Plangon!



Pilihan Untuk Anda