Tips Membersihkan Kulkas yang Mudah dan Hemat, Tidak Perlu Khawatir Bau dan Kuman

Tips Membersihkan Kulkas yang Mudah dan Hemat, Tidak Perlu Khawatir Bau dan Kuman

Melakukan pekerjaan membersihkan kulkas memang terkadang tidak menyenangkan, namun hal tersebut seharusnya tidak dijadikan alasan untuk menundanya. Sebab, kulkas memerlukan perawatan rutin agar makanan yang disimpan di dalamnya tetap segar dan tidak terkontaminasi, serta menjaga agar tidak tercium bau tidak sedap. Terkadang membersihkan kulkas membutuhkan waktu yang cukup lama, terutama jika barang-barang yang tersimpan di dalamnya sangat penuh dan berantakan.

Tumpahan atau sisa makanan yang tidak terlihat jelas bisa saja tertimbun dan tidak terlihat, bahkan bisa menjadi kristal. Meskipun banyak pekerjaan yang harus dilakukan saat membersihkan kulkas, namun setelah selesai, kulkas akan terasa lebih segar dan harum, sehingga akan memberikan kepuasan tersendiri.

Selain itu, membersihkan kulkas juga bisa menjadi kesempatan untuk mengatur kembali bahan-bahan yang disimpan, membuatnya lebih teratur dan memberikan ruang yang lebih luas. Oleh karena itu, berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan kulkas, guna mengurangi risiko keracunan makanan serta menghilangkan bau yang tidak sedap.

Menyiapkan Persediaan yang Tepat

Ingin membersihkan kulkas dengan benar? Jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan yang memadai agar proses pembersihan dapat berjalan lebih mudah dan efisien. Berikut beberapa tips yang dapat membantu:

Temukan larutan pembersih yang aman untuk membersihkan kulkas. Disarankan untuk menghindari penggunaan disinfektan yang kuat seperti pemutih, dan mempertimbangkan untuk menggunakan bahan pembersih alami seperti baking soda dan cuka putih.

Baca Juga: Inilah 6 Cara Ampuh untuk Menebalkan Rambut secara Alami

Persiapkan peralatan seperti kantong sampah, sarung tangan karet, dan banyak tisu untuk membersihkan kulkas dengan menyeluruh. Anda juga bisa menggunakan spons dan kain mikrofiber yang lebih efektif dalam membersihkan bagian dalam kulkas.

Dengan menyiapkan semua peralatan dan perlengkapan dengan tepat, proses membersihkan kulkas akan menjadi lebih mudah dan efisien. Selain itu, Anda juga dapat membuang makanan yang sudah lama terlupakan dengan lebih mudah.

Jadi, jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan yang tepat sebelum membersihkan kulkas agar hasilnya lebih maksimal.

Baca Juga: Cara Waxing yang Benar Agar Tidak Melukai Kulit

Keluarkan makanan

Meskipun terlihat agak merepotkan untuk mengeluarkan semua bahan makanan dari dalam kulkas, namun tindakan ini sangat penting untuk melakukan pembersihan yang benar-benar efektif. Meski memerlukan waktu yang cukup lama tergantung pada banyaknya bahan makanan yang tersimpan di dalam kulkas, tetapi hal ini sebenarnya sangat penting untuk dilakukan.

Saat melakukan pembersihan kulkas, jangan lupa untuk mengeluarkan semua bahan makanan yang ada di dalamnya. Lakukan pemeriksaan terhadap setiap bahan makanan, apakah masih baik dan segar atau sudah rusak atau bahkan kadaluarsa. Untuk makanan yang sudah rusak atau kadaluarsa, segera buang dan pisahkan dari bahan makanan yang masih baik. Untuk makanan yang mudah rusak seperti daging atau susu, pastikan untuk memindahkannya ke freezer agar tetap segar.

Baca Juga: Hemat Biaya, Hasil Maksimal: 6 Cara Merenovasi Rumah dengan Budget Terbatas

Selanjutnya, pastikan bahan makanan seperti ayam mentah atau makanan beku lainnya tidak ditinggalkan di atas meja. Semua bahan makanan tersebut harus dimasukkan ke dalam freezer saat membersihkan kulkas untuk menjaga kualitasnya. Jangan lupa untuk membersihkan rak dan laci kaca kulkas agar memudahkan proses pembersihan. Dan jangan lupa untuk mencabut kabel listrik saat mulai membersihkan kulkas agar lebih aman.

Mulai menggosok bagian dalam kulkas

Mari kita bahas cara membersihkan kulkas yang efektif! Tahap awal yang dapat dilakukan adalah membersihkan rak dan laci yang telah dikeluarkan dari kulkas dengan cara mencuci menggunakan spons dan detergen cair. Agar lebih mudah, disarankan untuk mencucinya di bak mandi atau wastafel yang lebih besar. Alternatif lainnya adalah dengan menyemprotkannya di luar ruangan menggunakan selang. Jangan lupa untuk mencuci secara menyeluruh dan biarkan hingga kering.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website

Selanjutnya, kita bisa membersihkan permukaan di dalam kulkas menggunakan campuran air hangat dan larutan pembersih serbaguna. Jika Anda ingin menggunakan cara alami, baking soda bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan noda membandel, sedangkan larutan air hangat dan cuka putih sangat efektif dalam membersihkan komponen baja tahan karat, termasuk pintu kulkas. Baking soda juga dapat membantu meredam bau tak sedap di dalam kulkas.

Jangan lupa untuk membersihkan semua sudut dan celah kulkas dengan bantuan kain mikrofiber basah. Setelah membersihkan permukaan yang terlihat jelas, perhatikan juga segel pintu kulkas yang sering diabaikan dan dapat menjadi tempat berkumpulnya kotoran dan debu. Dengan cara ini, kulkas Anda akan bersih dan bebas dari kuman serta lebih tahan lama.

Bersihkan bagian luar kulkas

Agar kulkas Anda selalu terlihat bersih dan terawat, sebaiknya Anda membersihkannya secara menyeluruh dengan menggunakan kain mikrofiber. Kain ini sangat efektif untuk menghilangkan sidik jari dan noda kotoran lainnya yang biasanya menempel pada bagian luar kulkas. Selain itu, jangan lupa juga untuk membersihkan bagian atas kulkas yang sering terabaikan dan terdapat banyak kotoran dan debu. Gunakanlah disinfektan yang lebih kuat pada gagang kulkas karena kuman dapat menumpuk di area ini. Jangan lupa untuk selalu membersihkan bagian luar kulkas secara rutin agar kulkas Anda tetap terjaga kebersihannya dan terhindar dari kuman yang berbahaya.

Mengisi ulang kulkas

Untuk menjaga kebersihan dan kesegaran makanan di kulkas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Saat rak dan bahan makanan di atas meja serta freezer sudah kering, sebaiknya segera dimasukkan kembali ke kulkas. Namun sebelumnya, sebaiknya lakukan beberapa penyesuaian pada rak dan tata ruang yang tersedia agar lebih optimal.

Sebelum memasukkan makanan ke dalam kulkas, sebaiknya periksa terlebih dahulu stoples dan botolnya. Pastikan untuk membersihkan permukaannya dengan kain lap yang dibasahi agar lebih higienis. Untuk mencegah tetesan pada masa mendatang, pastikan tutup botol dan stoples terkencang dengan baik. Jangan lupa untuk membersihkan bagian bawah bumbu dengan seksama agar terhindar dari kuman dan bakteri yang berbahaya. Semoga tips ini dapat membantu Anda dalam menjaga kebersihan dan kesehatan makanan di kulkas.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda