Jerawat Punggung Bikin Tidak Percaya Diri? Simak 8 Penyebab dan Cara Mengobatinya

Jerawat Punggung Bikin Tidak Percaya Diri? Simak 8 Penyebab dan Cara Mengobatinya

Jerawat punggung, siapa yang tidak pernah mengalaminya? Masalah ini bisa terjadi ketika minyak, kotoran, sel kulit mati, dan bakteri menyumbat pori-pori kulit Anda. Tetapi jangan khawatir, beberapa perawatan tanpa resep dari dokter dapat membantu menghilangkan masalah kulit yang satu ini. Jerawat punggung menyebabkan benjolan merah, whiteheads, atau blackheads, dan tentunya tidak sedap dipandang serta mengganggu. Bahkan, dapat menimbulkan sedikit rasa nyeri. Apalagi, masalah kulit ini bisa terjadi ketika keringat terperangkap di bawah baju saat olahraga atau aktivitas berat, yang akhirnya bisa memperparah keadaan. Oleh karena itu, yuk, pelajari lebih lanjut mengenai cara mengatasi jerawat punggung agar kulit Anda menjadi lebih sehat dan cantik!

Berdasarkan informasi yang dilansir oleh situs Cleveland Clinic, jerawat pada punggung dapat berkembang seperti jenis jerawat lainnya. Hal ini terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh kotoran, sel kulit mati, keringat, dan sebum, yaitu minyak yang dihasilkan oleh tubuh kita untuk menjaga kelembapan kulit dan rambut. Apabila tubuh menghasilkan terlalu banyak sebum atau tidak membersihkan kulit dengan benar, maka pori-pori kulit dapat tersumbat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa penyebab umum dari masalah jerawat punggung ini.

Faktor keturunan

Jika dalam keluarga terdapat riwayat masalah jerawat punggung, maka kemungkinan besar Anda juga akan mengalami hal yang serupa.

Gesekan pada Kulit

Baju, tas, peralatan olahraga, serta pakaian lain yang bersentuhan dengan kulit yang berkeringat dapat memperparah atau memicu munculnya jerawat punggung.

Baca Juga: Jauhi 7 Jenis Kain Ini Saat Cuaca Terik, Bikin Badan Makin Gerah

Peran Hormon

Tingginya kadar hormon pada masa pubertas atau saat hamil dapat memicu timbulnya jerawat punggung.

Pengaruh Obat-obatan

Baca Juga: 5 Aksesori Pria yang Tetap Keren Sepanjang Masa

Beberapa jenis obat seperti kortikosteroid dapat menimbulkan atau memperparah jerawat punggung.

Dampak Kebersihan yang Buruk pada Kulit Punggung

Kulit punggung yang terkena minyak rambut yang tidak bersih dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Selain itu, penggunaan seprai, handuk, atau pakaian yang kotor juga dapat memicu timbulnya jerawat pada kulit punggung.

Baca Juga: Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Produk Perawatan Kulit dan Risiko Jerawat Punggung

Pemakaian lotion atau krim tertentu dapat memperbesar risiko tersumbatnya pori-pori pada kulit punggung Anda, sehingga memicu timbulnya jerawat.

Dampak Stres pada Kulit Punggung

Ketika Anda mengalami stres, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol. Hal ini dapat meningkatkan produksi sebum pada kulit punggung, sehingga memperbesar risiko timbulnya jerawat pada kulit punggung Anda.

Keringat dan Jerawat Punggung

Jika keringat terperangkap di antara kulit dan pakaian, maka pori-pori pada kulit punggung Anda dapat tersumbat, sehingga memicu timbulnya jerawat. Orang yang memiliki keringat berlebih atau hiperhidrosis memiliki risiko lebih besar untuk mengalami jerawat pada kulit punggung.

Baca Juga: 5 Faktor Penyebab Kentut Anda Berbau Kurang Menyenangkan

Tips Merawat Jerawat Punggung agar Tidak Lagi Mengganggu

Jerawat pada punggung memang bisa sangat menjengkelkan, tetapi jangan khawatir Anda, karena solusinya cukup mudah. Anda bisa mencoba beberapa perubahan gaya hidup dan obat-obatan alami yang terbukti efektif dalam mengatasi jerawat. Ingin tahu apa saja tips yang bisa Anda lakukan? Simak ulasan berikut ini.

Mandi setelah berolahraga

Keringat dan kotoran yang menempel pada kulit setelah berolahraga bisa menyebabkan jerawat punggung. Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera mandi setelah berolahraga dan mencuci pakaian olahraga yang berkeringat untuk menghindari penumpukan bakteri.

Lakukan Eksfoliasi

Anda dapat menggunakan scrub yang mengandung asam salisilat untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih pada kulit. Eksfoliasi dapat membantu mengurangi jumlah kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

Kenakan Pakaian yang Longgar

Anda perlu memilih pakaian yang longgar saat berolahraga untuk menghindari iritasi pada jerawat punggung. Pakaian ketat dapat menjebak kotoran dan keringat serta menggosokkannya ke pori-pori. Gunakan pakaian yang longgar agar kulit Anda dapat bernapas dan membantu menghilangkan keringat.

Gunakan Tabir Surya yang Tepat

Melindungi kulit dari sinar matahari yang merusak sangat penting, terutama jika Anda mengenakan pakaian yang area punggungnya agak terbuka. Namun, tabir surya yang berminyak juga dapat menyumbat pori-pori. Oleh karena itu, pilihlah tabir surya yang bebas minyak dan ringan di kulit Anda.

Mari Perhatikan Asupan Makanan Anda!

Apakah Anda tahu bahwa pola makan yang tidak sehat dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh kita? Hal ini bahkan bisa mempengaruhi kulit kita, terutama bagi yang rentan terhadap jerawat. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa makanan dengan indeks glikemik tinggi, seperti roti, pasta, dan nasi, dapat memperburuk kondisi jerawat pada kulit kita. Sebaiknya kita mulai mengonsumsi makanan sehat untuk menjaga kesehatan kulit kita.

Hentikan Kebiasaan Memencet Jerawat

Walaupun terlihat menggoda untuk memencet jerawat, sebaiknya jangan lakukan itu! Memencet jerawat dapat merusak kulit wajah kita dan meninggalkan bekas yang parah. Selain itu, hal ini juga dapat membuat jerawat kita menjadi lebih parah dan berpotensi terinfeksi. Lebih baik jaga kesehatan kulit dengan menghindari kebiasaan ini.

Kebersihan dalam tidur dengan menggunakan seprai yang bersih

Jangan abaikan pentingnya kebersihan dalam tidur dengan menggunakan seprai yang bersih. Jangan sampai bakteri menumpuk di seprai, handuk, ataupun sarung bantal. Maka, lakukanlah mencuci seprai dan handuk secara rutin setidaknya seminggu sekali untuk menjaga kebersihan dan kesehatan Anda.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda