11 Strategi Jitu Menabung agar Bisa Beli Rumah Impian

11 Strategi Jitu Menabung agar Bisa Beli Rumah Impian

Sebagian besar orang bercita-cita untuk membeli rumah di masa depan. Namun, banyak yang merasa tidak yakin atau bahkan terasa mustahil untuk mewujudkannya. Menabung dengan rencana yang kuat bisa menjadi solusi untuk membeli rumah impian.

Ada beberapa strategi sederhana yang dapat Anda gunakan untuk mulai menabung agar bisa membeli rumah untuk masa depan Anda:

1. Bangun Anggaran yang Lebih Baik

Langkah pertama adalah membuat anggaran. Pertama, pastikan Anda tahu berapa uang yang Anda miliki setiap bulannya. Kemudian, perhatikan berapa banyak pengeluaran untuk kebutuhan seperti sewa, bahan makanan, utilitas dan berapa banyak pengeluaran setiap bulan untuk hal-hal yang kurang penting seperti hiburan. Setelah mengetahui pengeluaran Anda, Anda dapat mengurangi salah satu pengeluaran tersebut.

2. Pertimbangkan Mengurangi Pengeluaran

Salah satu cara cepat untuk berhemat adalah mengurangi pengeluaran. Anda bisa melakukan dengan hidup lebih sederhana dan hanya menghabiskan uang untuk hal-hal yang dibutuhkan. Misalnya, pindah ke apartemen yang lebih kecil, menjual salah satu kendaraan jika Anda memiliki kendaraan lebih dari satu atau pindah ke area yang lebih terjangkau.

Baca Juga: Sinopsis Film Terbaru Hello Ghost, Dibintangi oleh Enzy Storia yang Menawan

3. Kurangi atau Hentikan Kebiasaan Buruk

Jika Anda sering melakukan pembelian impulsif dan makan di luar, Anda harus mempertimbangkan untuk mengurangi atau berhenti dari kebiasaan buruk ini. Cobalah untuk berhenti berlangganan dari situs pemasaran sehingga Anda tidak terus-menerus melihat penawaran yang ditawarkan dan cobalah memasak makanan di rumah untuk menghemat uang.

4. Meminta Kenaikan Gaji

Jika uang Anda tidak mencukupi untuk ditabung setelah menerima gaji, mungkin sudah waktunya untuk meminta kenaikan gaji. Namun, Anda harus mengatur waktu yang tepat, memiliki persiapan, dan percaya diri dan antusias ketika meminta kenaikan gaji kepada manajer Anda.

5. Berganti Pekerjaan

Berganti pekerjaan dan mendapatkan gaji yang lebih tinggi dapat membantu Anda untuk menabung. Cobalah untuk mencari postingan soal pekerjaan dan bandingkan gaji Anda di posisi yang sama dalam bekerja atau pertimbangkan untuk mencari posisi dengan gaji yang lebih tinggi dan memenuhi syarat.

Baca Juga: Apasih itu IPO? Berikut Penjelasannya

6. Lewati Liburan

Berlibur ke tempat baru memang bisa menjadi pengalaman yang luar biasa. Namun, berlibur terkadang membutuhkan biaya yang mahal. Pertimbangkan untuk menyimpan uang Anda dan menikmati liburan dengan staycation di kota Anda saja.

7. Mengambil Kesibukan Sampingan

Anda bisa mengambil beberapa pekerjaan freelance yang memungkinkan untuk menyelesaikan pekerjaan itu dari rumah, menawarkan jasa mengemudi, dan menjaga hewan peliharaan orang lain.

8. Mengurangi Hutang Anda

Usahakan untuk mengurangi hutang Anda sebelum Anda mengajukan pinjaman. Sebab, rasio hutang dapat mempengaruhi tingkat bunga dan jumlah yang bersedia ditawarkan oleh pemberi pinjaman.

Baca Juga: Rahasia Kesehatan: 5 Minuman Terbaik untuk Diet dan Perlambat Penuaan

9. Sewakan Kamar Cadangan atau Tempat Parkir

Pertimbangkan untuk menyewakan kamar cadangan dan tempat parkir jika Anda memilikinya. Hal ini bisa menjadi sumber uang yang luar biasa terutama di akhir pekan.

10. Meminta Bantuan

Anda mungkin bisa meminta kerabat dan teman untuk melewatkan hadiah dalam bentuk fisik pada acara-acara khusus seperti pernikahan dan baby shower.

11. Otomatiskan Tabungan Anda

Jika Anda adalah tipe orang yang sering belanja impulsif, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengotomatiskan tabungan Anda. Anda dapat menentukan berapa banyak yang ingin Anda hemat setiap bulan. Hubungi bank Anda dan otorisasi penarikan otomatis dari akun utama Anda ke rekening tabungan terpisah.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda