10 Peralatan Mendaki Gunung yang Harus Anda Bawa, Jangan Sampai Terlewatkan!

10 Peralatan Mendaki Gunung yang Harus Anda Bawa, Jangan Sampai Terlewatkan!

Sebelum melakukan pendakian gunung, tentu saja Anda harus melakukan persiapan yang teliti. Tidak hanya kesiapan fisik dan mental, tetapi juga peralatan pendakian gunung yang lengkap. Peralatan ini akan sangat berguna bagi Anda untuk bertahan hidup selama berhari-hari di perjalanan mendaki.

Baik Anda merupakan pendaki pemula atau berpengalaman, penting bagi Anda untuk melengkapi peralatan pendakian dengan baik. Berikut ini beberapa peralatan mendaki gunung yang harus Anda bawa:

1. Sleeping Bag

Pada malam hari di gunung, udaranya terasa sangat dingin. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membawa sleeping bag atau kantung tidur. Sleeping bag memiliki fungsi utama untuk menjaga tubuh Anda tetap hangat saat tidur di malam hari, seperti halnya selimut.

Terdapat berbagai jenis sleeping bag yang tersedia, antara lain model double polar, mummy style, dan model yang dirancang seperti jaket dengan bantal. Anda juga perlu memperhatikan bahan dari sleeping bag tersebut.

Untuk pendakian di area dengan suhu rendah yang tidak terlalu dingin, Anda dapat memilih sleeping bag yang terbuat dari bahan polar. Meskipun dapat memberikan kehangatan dengan cepat, bahan polar ini cenderung lebih mudah ditembus angin dingin dari luar.

Baca Juga: Rahasia Kesehatan: 5 Minuman Terbaik untuk Diet dan Perlambat Penuaan

Untuk pendakian di area yang lebih tinggi, Anda dapat memilih kantung tidur yang terbuat dari bahan dacron. Bahan ini sangat efektif dalam memberikan kehangatan dan mampu menahan udara dingin dari luar. Sleeping bag berbahan dacron sangat populer digunakan untuk pendakian di gunung-gunung di Indonesia. Namun, kelemahannya adalah sleeping bag berbahan dacron biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dan dapat memakan banyak ruang di dalam tas, meskipun tetap ringan.

Untuk pendakian di gunung dengan suhu yang sangat dingin, Anda dapat memilih sleeping bag yang terbuat dari bahan goose down. Bahan ini dirancang khusus untuk suhu yang sangat dingin, seperti di gunung yang bersalju. Kantung tidur dengan bahan bulu angsa ini memiliki kemampuan yang baik untuk menahan suhu dingin yang ekstrem dan memberikan kehangatan pada tubuh Anda.

2. Tas Gunung

Apabila Anda berkeinginan untuk menikmati petualangan mendaki gunung, tentu saja Anda memerlukan tas gunung yang menjadi andalan, yakni tas carrier. Fungsinya adalah untuk membawa beragam perlengkapan, pakaian, serta kebutuhan logistik penting selama perjalanan mendaki. Ukuran tas gunung pun beragam, sesuai dengan kebutuhan Anda, mulai dari ukuran kecil (45 L), ukuran sedang (60 L), hingga ukuran yang sangat besar (100 L).

Baca Juga: Jangan Ngaku Army Jika Belum Tau Fakta Tentang BTS

Tas gunung carrier juga hadir dengan berbagai model menarik, baik carrier konvensional maupun carrier ultralight yang memiliki bobot yang ringan. Tak hanya itu, tas ini dilengkapi dengan banyak fitur spesial yang mendukung aktivitas mendaki, seperti teknologi anti gravitasi, jaring-jaring, lapisan busa tambahan, dan sebagainya.

3. Matras

Matras adalah barang yang multifungsi yang dapat membuat pengalaman pendakian Anda lebih nyaman dan menyenangkan. Selain dapat digunakan sebagai alas duduk yang nyaman saat beristirahat di tengah-tengah pendakian, matras juga dapat menjadi tambahan alas tidur yang praktis. Terdapat berbagai jenis matras yang bisa Anda pilih, seperti matras alumunium foil yang ringan, matras cacing yang lentur, matras spon yang empuk, matras lipat portable yang mudah dibawa, matras busa yang nyaman, hingga matras angin yang bisa diisi dengan udara.

4. Sepatu Gunung

Berpakaian dengan tepat sangat penting saat mendaki gunung, dan salah satu elemen yang tidak boleh dilewatkan adalah sepatu gunung. Sepatu gunung dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan ekstra selama pendakian di pegunungan. Dibandingkan dengan sepatu biasa, sepatu gunung memiliki fitur-fitur unik yang membantu meningkatkan performa dan keamanan Anda. Diantaranya adalah daya cengkeram yang kuat, tahan air, dan sol sepatu yang bergerigi untuk mencegah tergelincir.

Pilihlah sepatu gunung yang pas dengan ukuran kaki Anda agar tidak terlalu longgar atau terlalu kekecilan. Hal ini akan memberikan kenyamanan optimal saat Anda menggunakan sepatu tersebut selama pendakian.

5. Tenda

Tenda merupakan perangkat wajib saat mendaki gunung yang menarik untuk dibawa. Sebab, tenda berperan sebagai tempat berteduh selama berada di lereng gunung. Terdapat beragam jenis tenda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Sejumlah jenis tenda yang perlu diketahui sebelum membelinya, antara lain:

  • Tenda dome (kubah): Merupakan jenis tenda yang populer di kalangan pendaki. Sesuai namanya, tenda ini memiliki bentuk melengkung menyerupai kubah. Tenda ini juga ringan namun tidak cocok digunakan dalam cuaca ekstrem.
  • Tenda tunnel: Tenda ini berbentuk seperti terowongan memanjang. Dibandingkan dengan tenda dome, tenda tunnel lebih berat namun memiliki ruang yang luas.
  • Tenda quick pitch: Menyerupai tenda dome, tenda quick pitch adalah tenda modern yang mudah didirikan. Tidak mengherankan jika jenis tenda ini diminati oleh para pendaki. Namun, tenda ini termasuk dalam kisaran harga yang cukup mahal.
6. Perlengkapan Makan Dan Masak

Selama perjalanan mendaki, Anda akan tetap membutuhkan makanan sebagai sumber energi yang tak tergantikan. Mengingat sulitnya mendapatkan makanan di atas gunung, Anda dapat membawa beberapa bahan makanan praktis dari rumah. Roti atau biskuit, mie instan, sarden atau tuna kalengan, sosis siap santap, susu, oatmeal instan, coklat, abon, madu, dan air mineral yang mencukupi adalah beberapa contoh bahan makanan yang bisa Anda siapkan.

Selain itu, penting bagi Anda untuk membawa peralatan memasak dan peralatan makan selama petualangan di gunung. Anda tak perlu membawa peralatan memasak dan makan yang besar dan lengkap, karena kini tersedia peralatan yang lebih kecil dan praktis di pasaran.

7. Jas Hujan

Saat musim hujan ataupun tidak, Anda tetap memerlukan jas hujan ketika melakukan pendakian gunung. Alasan mengapa jas hujan sangat penting adalah karena jas tersebut tidak hanya melindungi tubuh dari kebasahan hujan, tetapi juga berfungsi sebagai jaket yang tahan air dan dapat memberikan tambahan kehangatan pada tubuh. Terdapat pilihan jas hujan dengan desain khusus untuk kegiatan di luar ruangan, seperti mendaki gunung, dan memiliki bobot yang ringan.

8. Head Lamp

Pada saat malam hari, gunung cenderung gelap dan berkabut, yang tentunya dapat berbahaya bagi Anda—meningkatkan risiko terjatuh atau tergelincir karena terbatasnya visibilitas di jalur pendakian. Oleh karena itu, head lamp atau lampu gunung yang dipasang di kepala menjadi sangat penting.

Baca Juga: 10 Pilihan Makanan Rendah Kalori yang Mudah Ditemukan di Pasar

Alat ini memiliki peran penting dalam menerangi jalur saat melakukan pendakian di malam hari—saat Anda berharap dapat mencapai puncak sebelum matahari terbit dan menikmati pemandangan matahari terbit yang indah sekali.

9. Sarung tangan

Sarung tangan memiliki peranan yang tidak hanya sekadar melindungi tangan dari bahaya-bahaya seperti duri tajam atau gigitan serangga. Lebih dari itu, sarung tangan dapat menjaga tangan Anda tetap hangat dan terlindungi dari hawa dingin yang mungkin Anda temui.

10. Tongkat trekking

Tongkat trekking memiliki manfaat yang signifikan untuk meningkatkan stabilitas tubuh Anda dan mengurangi tekanan pada lutut saat melakukan pendakian. Secara sederhana, tongkat trekking dapat memberikan dukungan pada tubuh, menjaga keseimbangan saat melewati jalur pendakian yang curam, dan mengurangi rasa sakit pada lutut.

Demikianlah 10 peralatan penting yang harus dibawa saat melakukan pendakian gunung. Selain mempersiapkan peralatan dengan baik, penting juga untuk mempersiapkan kondisi fisik dan mental dengan baik agar dapat mencapai puncak dan kembali ke rumah dengan selamat.

Baca Juga: 10 Referensi Website yang Menyediakan Gambar Gratis Tanpa Watermark

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda