10 Cara untuk Memutihkan Pangkal Paha atau Selangkangan dengan Bahan Alami: Cepat dan Aman

10 Cara untuk Memutihkan Pangkal Paha atau Selangkangan dengan Bahan Alami: Cepat dan Aman

Meskipun berbagai kondisi kulit gelap pada pangkal paha atau selangkangan dianggap normal dan tidak membahayakan kesehatan, namun masalah ini sering kali menjadi perhatian bagi banyak orang. Dalam usaha mendapatkan kulit yang cerah, putih, dan bersih di area sensitif tersebut, banyak orang rela melakukan perawatan mahal dan menyakitkan.

Menurut informasi yang dikutip dari Healthline, kulit yang gelap di area paha bagian dalam atau selangkangan dapat dialami oleh siapa saja. Hal ini disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan di area tersebut, yang mengakibatkan peningkatan pigmen dan membuatnya terlihat lebih gelap. Kondisi ini dikenal sebagai hiperpigmentasi dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perubahan hormonal, gesekan antara pakaian dan kulit, penggunaan pakaian yang ketat, serta konsumsi obat-obatan tertentu seperti kemoterapi dan pil KB.

Baca Juga: Hemat Biaya, Hasil Maksimal: 6 Cara Merenovasi Rumah dengan Budget Terbatas

Namun demikian, tak ada salahnya bagi kita untuk melakukan perawatan diri guna mencerahkan area pangkal paha. Di bawah ini, terdapat 10 cara alami untuk memutihkan selangkangan yang bisa kita coba.

Lemon dan Madu

Anda ingin tahu cara yang efektif untuk memutihkan selangkangan? Gunakanlah kombinasi yang menakjubkan dari lemon dan madu. Lemon, salah satu buah yang terkenal dengan khasiat asamnya, memiliki kemampuan alami untuk mencerahkan dan memutihkan bagian tubuh. Caranya sangat mudah, cukup potong lemon menjadi dua bagian, peraslah satu bagian untuk mendapatkan air lemon, lalu campurkan dengan ½ sendok teh madu. Kemudian, oleskan campuran ini pada selangkangan dan biarkan selama 10-12 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Dengan langkah sederhana ini, Anda akan mendapatkan hasil yang memukau!

Yoghurt dan Oatmeal

Anda ingin mencoba cara lain yang efektif untuk memutihkan pangkal paha dengan cepat? Cobalah menggunakan scrub yang terbuat dari yoghurt dan oatmeal. Oatmeal berfungsi sebagai eksfolian yang efektif, membantu mengangkat sel kulit mati yang dapat menjadi penyebab kulit gelap. Sementara itu, yoghurt mengandung asam laktat yang terkenal dalam perawatan pemutihan kulit. Caranya sangat mudah, cukup campurkan yoghurt dan oatmeal dalam perbandingan 1:1, aduk hingga rata, dan oleskan pada selangkangan. Gosoklah dengan lembut hingga kulit mati terkelupas. Rajin dan konsisten melakukannya, dan Anda akan melihat perubahan menakjubkan pada kulit Anda!

Gel Lidah Buaya

Anda dapat menggunakan lidah buaya alami atau gel aloe vera yang sudah dikemas dalam bentuk siap pakai untuk mencapai pemutihan selangkangan yang diinginkan. Gel aloe vera ini memiliki sifat menenangkan kulit dan membuatnya tampak lebih cerah. Gunakan secara rutin setiap hari untuk menjaga kesehatan dan kelembutan kulit. Oleskan gel tersebut ke selangkangan, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Yoghurt dan Kunyit

Untuk mengatasi masalah kulit gelap akibat hiperpigmentasi, tidak hanya body lotion yang dapat digunakan. Bahan alami seperti yoghurt dan kunyit ternyata juga memiliki potensi sebagai cara untuk memutihkan selangkangan. Kunyit mengandung sifat antiinflamasi dan antiseptik yang dapat membantu mencerahkan dan menyembuhkan kulit.

Untuk membuat campurannya, tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit, satu sendok teh yoghurt, dan dua sendok teh air lemon. Aduk rata hingga membentuk pasta, lalu oleskan pada selangkangan. Tunggu selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Timun

Tahukah Anda bahwa timun tidak hanya lezat untuk dikonsumsi, tetapi juga memiliki manfaat luar biasa lainnya? Timun mengandung vitamin A yang dapat mengatur produksi melanin dan memberikan kilau pada kulit yang cenderung gelap. Untuk membuat area selangkangan Anda tampak lebih cerah, Anda dapat mencoba metode sederhana ini: parut timun secukupnya dan oleskan pada selangkangan. Biarkan selama sekitar 15 menit sampai mengering, lalu bilas dengan air biasa. Tunggu sampai kulit Anda berubah lebih cerah dan tampak cantik.

Yoghurt dan Lemon

Lemon telah terkenal sejak lama karena kemampuannya dalam mencerahkan kulit, berkat kandungan vitamin C yang tinggi. Anda dapat merasakan manfaatnya dengan memeras air lemon segar dan mengambil ekstraknya. Selanjutnya, campurkan ¼ sendok teh air lemon dengan dua sendok teh yoghurt. Aduk merata dan oleskan campuran ini pada selangkangan. Biarkan selama sekitar 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Anda akan terpesona dengan hasilnya – kulit selangkangan Anda akan terlihat lebih cerah dan terawat dengan alami.

Tomat

Ingin tahu rahasia memutihkan selangkangan yang menarik? Mari kita berbicara tentang tomat! Tahukah Anda bahwa tomat bisa menjadi solusi yang efektif untuk mencerahkan selangkangan? Caranya pun sangat sederhana. Anda hanya perlu membagi tomat menjadi dua bagian, lalu gosokkan ke area selangkangan yang ingin Anda cerahkan. Dengan sedikit tekanan, tomat akan mengeluarkan sari dan ampasnya yang bisa membantu memutihkan selangkangan. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air biasa. Temukan keajaiban tomat dalam memutihkan selangkangan Anda!

Jeruk dan Kunyit

Menurut Times Of India, kunyit merupakan salah satu pengobatan terpopuler di India untuk mencerahkan kulit. Dan tahukah Anda? Jeruk juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat berperan sebagai pemutih alami. Menggabungkan kekuatan jeruk dan kunyit dalam satu ramuan bisa menjadi solusi yang luar biasa untuk selangkangan Anda. Bagaimana caranya? Campurkan perasan air jeruk dengan sejumput bubuk kunyit. Kemudian, oleskan ramuan ini ke area selangkangan dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air biasa. Tunggu sampai Anda melihat perubahan yang menakjubkan pada selangkangan Anda.

Air Mawar dan Kayu Cendana

Rahasia kulit yang sempurna ada pada gabungan sempurna air mawar dan kayu cendana. Kayu cendana terkenal dapat mengatasi perubahan warna kulit, sementara air mawar memberikan kelembapan yang maksimal. Anda dapat mencampurkan air mawar dengan bubuk kayu cendana. Kemudian, oleskan campuran ini pada selangkangan dan biarkan selama 20 menit hingga mengering. Setelah itu, bilas dengan air biasa untuk hasil yang menakjubkan.

Kentang

Ingin kulit Anda terlihat cerah dan sempurna? Kini ada solusi praktis dengan bantuan kentang. Kentang mengandung zat katekolase yang terbukti mampu mencerahkan kulit yang gelap. Tanpa perlu kesulitan, Anda hanya perlu menyiapkan kentang dan memotongnya menjadi dua bagian. Pijat lembut dengan menggunakan kentang pada daerah pangkal paha dengan gerakan memutar. Bilas bersih setelah merasa cukup, dan nikmati kulit Anda yang semakin cerah dan menawan.

Baca Juga: 10 Metode Alami Menghilangkan Dahak untuk Tenggorokan yang Nyaman

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda