Tips Mengendarai Mobil yang Aman Terhindar Dari Kecelakaan di Jalanan

Tips Mengendarai Mobil yang Aman Terhindar Dari Kecelakaan di Jalanan

Mobil saat ini sangat canggih dengan fitur seperti pemberitahuan untuk ganti jalur, parkir otomatis, dan sistem pengurangan kecepatan. Namun, meskipun sudah ada perkembangan dalam hal keamanan, masih saja mengemudi memiliki risiko kecelakaan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana bertindak dalam situasi darurat dan mempraktikkan tata cara mengemudi yang aman. Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda menjaga keselamatan diri dan kendaraan Anda.

1. Kurangi laju mobil saat ban bocor

Ketika ban bocor, reaksi pertama mungkin untuk menginjak rem dengan keras. Namun, ini adalah tindakan yang salah dan bahkan bisa menyebabkan mobil Anda tergelincir dan kehilangan kendali. Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi laju mobil secara perlahan untuk mengatasi situasi, kemudian membiarkan mobil melambat dan berhenti di tepi jalan dengan lampu berkendara.

2. Menguji rem darurat secara berkala

Rem darurat mungkin tampak seperti fitur yang tidak berguna pada mobil yang dilengkapi transmisi otomatis, namun, ini akan sangat berguna ketika rem hidrolik Anda rusak. Oleh karena itu, penting untuk melakukan uji coba rem darurat secara berkala. Ini akan membantu mencegah kerusakan dan karat pada sistem kabel baja.

3. Apa yang perlu dilakukan saat rem rusak

Meskipun rem jarang sekali benar-benar rusak, Anda masih dapat mengendalikan kendaraan dengan mengaktifkan rem darurat atau menggunakan rem sedikit. Jika mengalami kerusakan rem dan mobil Anda memiliki transmisi manual, turunkan gigi secara bertahap untuk memperlambat. Jika memiliki transmisi otomatis, lakukan hal yang sama jika memungkinkan. Pindahkan mobil Anda dengan perlahan ke tepi jalan dan tetap dalam kendalikan mobil Anda.

4. Sesuaikan spion samping dengan benar

Karena keterbatasan spion samping mobil, ada titik buta tertentu yang tidak bisa dihindari. Namun, menyetel spion yang tepat dapat menghilangkan titik-titik buta ini. Untuk mendapatkan pandangan yang lebih jelas, cukup putar kaca spion sedemikian rupa sehingga mobil Anda sendiri tidak terlihat.

5. Tetap nyalakan lampu depan

Menyalakan lampu di siang hari dapat membantu pengemudi lain dan pejalan kaki melihat dengan jelas. Dan sebaiknya selalu nyalakan lampu depan saat cuaca buruk seperti hujan atau kabut.

6. Hindari mengekor mobil di depan terlalu dekat

Mengikuti terlalu dekat, dikenal sebagai tailgating, adalah penyebab utama crash dan ilegal di sebagian besar negara. Penting untuk mengikuti aturan dua meter untuk menjaga jarak aman dari kendaraan di depan Anda.

7. Periksa oli secara teratur

Memeriksa level oli Anda dan memastikannya bersih merupakan langkah penting dalam perawatan mobil. Direkomendasikan untuk memeriksa oli setiap bulan atau lebih cepat.

Baca Juga: 7 Tips Cerdas Membeli Rumah dalam 10 Tahun Kerja

8. Siapkan perlengkapan darurat

Memiliki kit darurat di mobil Anda dapat menjadi penyelamat jika terjadi kerusakan atau situasi tak terduga lainnya. Barang-barang penting yang harus disertakan adalah senter, kabel jumper, selimut, kain lap, selotip, kotak P3K, kit alat dasar, dongkrak, dan segitiga lalu lintas reflektif.

9. Jangan mengemudi dalam keadaan mengantuk

Mengemudi saat mengantuk adalah masalah utama, penyebab terbesar kecelakaan setiap tahun. Jika Anda mengalami kedipan atau menguap berlebihan, atau jika Anda tidak dapat mengingat beberapa mil terakhir, sebaiknya menepi dan istirahat.

10. Hindari bermain handphone saat mengemudi

Bermain handphone saat mengemudi adalah masalah yang berbahaya dengan lebih dari 40% remaja melakukan ini. Untuk menghindari risiko kecelakaan, sebaiknya letakkan ponsel saat mengemudi.

Baca Juga: Tips Mendapatkan Tiket Kereta Api Mudik Lebaran 2023 Tanpa Ribet dan Waswas

11. Beri diri Anda cukup waktu

Salah satu tip mengemudi aman yang paling diabaikan adalah memberi diri Anda cukup waktu untuk perjalanan Anda. Hindari godaan untuk mengemudi sembarangan dan keluar masuk jalur, karena hal ini meningkatkan risiko kecelakaan.

12. Periksa tekanan ban secara teratur

Mempertahankan tekanan ban yang tepat sangat penting untuk berkendara yang aman dan efisien. Pastikan untuk memeriksa tekanan ban Anda secara teratur dan tetap dalam kisaran yang disarankan.

13. Jaga kendaraan Anda dalam kondisi baik

Rawat secara rutin kendaraan Anda, seperti mengganti oli, memeriksa rem dan rotasi ban, dapat membantu mencegah kecelakaan dan memastikan pengendara mampu mengendarai mobil secara aman dan andal.

Baca Juga: Cara Membuat Makanan Enak Dengan Bahan Dasar Mie Instan

14. Tetap tenang dan santai

Sangat penting untuk tetap tenang dan santai saat mengemudi, terutama saat situasi stres di jalan raya. Hindari perilaku mengemudi yang agresif, seperti mengekor atau berpindah jalur secara sembrono, dan tarik napas dalam-dalam agar tetap fokus dan waspada.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda