Keindahan 5 Air Terjun di Banyuwangi yang Menyegarkan

Keindahan 5 Air Terjun di Banyuwangi yang Menyegarkan

Banyuwangi tidak hanya dikenal dengan pantai-pantainya yang eksotis, tapi juga memiliki berbagai air terjun yang menakjubkan. Air terjun ini bisa menjadi pilihan liburan bersama keluarga, menawarkan kesegaran alami dari pegunungan. Berikut adalah beberapa air terjun di Banyuwangi yang wajib dikunjungi:

1. Air Terjun Jagir

Terletak di Dusun Krajan, Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Air Terjun Jagir memiliki tiga aliran air terjun yang unik. Dua di antaranya disebut air terjun kembar, sementara yang ketiga berjarak 300 meter dari lokasi utama. Treknya mudah diakses dan menawarkan pemandangan alam yang indah serta kolam alami yang segar. Tiket masuk untuk wisatawan lokal adalah Rp 5.000, sedangkan untuk wisatawan asing Rp 15.000. Jaraknya sekitar 11,6 kilometer dari pusat kota Banyuwangi dan dapat ditempuh dalam 23 menit.

2. Air Terjun Kembar Arum

Air Terjun Kembar Arum berada di Sumber Asih, Sumberarum, Kecamatan Songgon. Air terjun ini dibuka setiap Minggu hingga Selasa, mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Terletak di lereng Gunung Raung, suasana pegunungan yang sejuk sangat terasa. Tempat ini memiliki beberapa aliran air terjun dan kolam alami yang luas, ideal untuk berenang. Tiket masuknya hanya Rp 5.000. Jaraknya 36,1 kilometer dari pusat Banyuwangi dan dapat ditempuh dalam 59 menit.

Baca Juga: 30 Tempat Destinasi Wisata Terbaik Wajib Dikunjungi di Indonesia

3. Air Terjun Kedung Angin

Terletak di Dusun Krajan, Desa Pakel, Kecamatan Dorenan, Air Terjun Kedung Angin buka 24 jam setiap hari. Dengan ketinggian 15 meter dan kedalaman sekitar dua meter, air terjun ini menawarkan pemandangan alami yang masih asri karena berada di hutan Pakel. Biaya masuknya gratis, cocok untuk wisata bersama teman-teman. Jaraknya sekitar 19,6 kilometer dari pusat Banyuwangi dan dapat ditempuh dalam 42 menit.

Baca Juga: Candi Prambanan: Tujuan Wisata Yogyakarta, Simak Harga Tiket, Lokasi dan Jam Buka

4. Air Terjun Telunjuk Raung

Berada di Sumber Asih, Sumberarum, Kecamatan Songgon, Air Terjun Telunjuk Raung buka mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Masuk ke sini gratis, hanya perlu membayar parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Airnya yang jernih dan sejuk berasal dari pegunungan, dikelilingi pepohonan hijau yang rindang. Jaraknya 40 kilometer dari pusat Banyuwangi dan dapat ditempuh dalam satu jam 20 menit.

Baca Juga: 9 Destinasi Pantai Terbaik di Jawa Barat untuk Liburan Keluarga

5. Air Terjun Kembar Legomoro

Terletak di Sidoluhur, Sepanjang, Kecamatan Glenmore, Air Terjun Kembar Legomoro buka setiap hari pukul 09.00 hingga 16.30 WIB. Dua aliran air terjun dari kaki Gunung Raung ini terletak di dalam hutan pinus, dengan kolam alami yang aman untuk anak-anak. Tiket masuknya Rp 5.000 per orang, dengan biaya parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Jaraknya sekitar 48,2 kilometer dari pusat Banyuwangi dan dapat ditempuh dalam satu jam 31 menit.



Pilihan Untuk Anda