5 Tips Mengamankan Password WiFi Agar Sulit Dibobol Hacker

5 Tips Mengamankan Password WiFi Agar Sulit Dibobol Hacker

Banyaknya perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi dapat memengaruhi kinerja jaringan menjadi lebih lambat. Sayangnya, hal ini sering terjadi akibat kebocoran password WiFi. Kebanyakan orang cenderung memilih password WiFi yang mudah diingat seperti tanggal lahir, nama hewan peliharaan, atau nama belakang. Padahal, tindakan ini bisa meningkatkan risiko kebocoran password WiFi.

Namun, jangan khawatir karena masih ada beberapa cara untuk membuat password WiFi yang kuat dan sulit untuk dibobol. Dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa tips untuk membuat password WiFi yang sulit dijebol:

1. Buat password yang panjang

Berdasarkan laporan dari CiberNews, keamanan password WiFi dapat ditingkatkan dengan menggunakan kata-kata yang lebih panjang. Hal ini disebabkan karena semakin panjang password WiFi, semakin kecil kemungkinan untuk diretas. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan karakter yang lebih panjang saat membuat password WiFi, karena pembobol umumnya menggunakan perangkat tertentu untuk membobol sandi WiFi Anda. Dengan semakin panjang password, akan semakin sulit bagi pembobol untuk melacaknya. Sehingga, keamanan jaringan WiFi Anda dapat terjaga dengan baik.

2. Gabungkan karakter berbeda

Saran lain untuk membuat password WiFi yang lebih aman adalah dengan menggabungkan karakter yang beragam. Selain menggunakan karakter huruf panjang, cobalah untuk memasukkan angka dan kode tertentu. Dengan cara ini, password WiFi Anda akan semakin sulit untuk ditebak dan lebih aman dari serangan pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Hindari menggunakan kata ganti umum

Langkah selanjutnya dalam membuat password WiFi yang aman adalah menghindari penggunaan kata ganti atau substansi yang umum. Contohnya adalah penggantian huruf dengan angka, seperti "Sandi" menjadi "$4ND1". Hal ini harus dihindari, dan disarankan untuk membuat password WiFi yang terdiri dari karakter-karakter yang bervariasi, panjang, dan acak. Dengan demikian, password Anda akan menjadi lebih sulit ditebak dan lebih aman dari serangan hacker.

4. Jangan gunakan huruf atau angka di jalur keyboard

Jangan gunakan kata sandi WiFi yang terdiri dari angka atau huruf yang mudah ditebak melalui jalur keyboard, karena hal itu sangat rentan untuk disusupi. Sebagai gantinya, pilihlah kata sandi yang lebih kompleks dan sulit ditebak agar keamanan jaringan WiFi terjaga dengan baik. Ingatlah bahwa sandi yang memiliki pola karakter yang umum dapat dengan mudah ditebak oleh para peretas. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih kata sandi dan pastikan keamanan jaringan WiFi Anda terjaga dengan baik.

5. Ganti password WiFi secara berkala

Berdasarkan saran dari ActionTech, penting bagi kita untuk membuat kata sandi WiFi yang baru setelah kita membeli perangkat tersebut. Selain itu, mengganti kata sandi secara berkala juga bisa dipertimbangkan untuk menjaga keamanan jaringan. Hal ini tentunya sangat penting agar data pribadi kita tidak dicuri atau digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, perhatikan tips ini untuk mengamankan jaringan WiFi Anda dengan lebih baik.

Baca Juga: 5 Langkah Membersihkan Rice Cooker agar Tidak Berbau dan Berkuman

Selain membuat kata sandi WiFi yang kuat dan mengubahnya secara berkala, terdapat beberapa tips lainnya yang dapat membantu meningkatkan keamanan jaringan WiFi Anda.

Baca Juga: Cara Aman Mencuci Baju Bayi: 7 Tips yang Harus Diketahui Orangtua

Beberapa tips tersebut antara lain:

  • Nonaktifkan SSID broadcasting: Jika Anda tidak ingin jaringan WiFi Anda terdeteksi oleh orang lain, Anda dapat mematikan fungsi broadcasting pada router Anda.
  • Aktifkan enkripsi WPA2: Enkripsi ini dikenal lebih aman dibandingkan WEP dan WPA, sehingga dapat membantu melindungi jaringan WiFi Anda dari serangan hacking.
  • Batasi jumlah perangkat yang terhubung: Mengatur batas jumlah perangkat yang dapat terhubung ke jaringan WiFi Anda dapat membantu mencegah akses yang tidak diinginkan dan meningkatkan kinerja jaringan.
  • Gunakan firewall: Mengaktifkan firewall pada router dapat membantu mencegah serangan dari luar dan melindungi data pribadi Anda.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, Anda dapat meningkatkan keamanan jaringan WiFi Anda dan mencegah akses yang tidak sah. Selalu perhatikan keamanan jaringan WiFi Anda untuk melindungi data pribadi Anda dan menjaga keamanan jaringan Anda tetap terjaga.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda