7 Taktik Terbukti Meningkatkan Domain Rating Website: Pengertian dan Seberapa Penting

7 Taktik Terbukti Meningkatkan Domain Rating Website: Pengertian dan Seberapa Penting

Anda memiliki blog yang memukau dan mahal, dengan mengeluarkan anggaran untuk menggaji penulis konten dan pengembang web terbaik. Namun, sayangnya blog Anda belum dikunjungi dengan jumlah pengunjung yang memadai, dan peringkat Google-nya juga masih kurang menggembirakan. Malah lebih mengecewakan, blogger pemula dengan situs yang kurang memukau justru berhasil menarik lebih banyak pengunjung.

Maka, apa yang salah dalam strategi Anda?

Jawabannya mungkin terletak pada skor peringkat domain Anda yang rendah. Situs web dengan peringkat domain yang tinggi memiliki kemampuan untuk menarik lebih banyak lalu lintas dan, sebagai hasilnya, menghasilkan pendapatan yang lebih besar dari pengunjung. Jika blog Anda kurang berhasil, itu bisa jadi karena faktor peringkat domain yang kurang baik.

Namun, tenang saja, ada solusi sederhana untuk meningkatkan peringkat domain Anda dan mencapai kesuksesan blog yang diimpikan. Pada hari ini, saya akan membantu Anda memahami apa itu peringkat domain, mengapa hal tersebut sangat penting, dan bagaimana cara memanfaatkannya agar membawa keberhasilan bagi blog Anda.

Apa yang dimaksud dengan peringkat domain?

Sebelum kita membahas lebih jauh, marilah kita mengatasi salah satu kekeliruan yang paling umum dalam manajemen situs web, yaitu perbedaan antara Otoritas Domain (DA) dan Peringkat Domain (DR).

Banyak pemula yang salah memahami DA sebagai DR dan sebaliknya, dan hal tersebut sangatlah dapat dimengerti. Kedua hal tersebut adalah metrik yang dibuat oleh provider alat SEO untuk membantu menentukan peringkat situs web berdasarkan beberapa perhitungan dalam algoritma peringkat Google. Namun, kedua hal tersebut tidak sama.

Otoritas Domain adalah skor domain yang dikembangkan oleh Moz untuk memprediksi peluang situs web untuk memperoleh peringkat pada halaman hasil mesin pencari (SERP). Skor DA berkisar antara 1 hingga 100, dan nilai tertinggi menunjukkan kemampuan terbaik situs web untuk memperoleh peringkat yang lebih baik.

Peringkat Domain adalah metrik yang dikembangkan oleh Ahrefs untuk mengukur profil backlink situs web. Alat ini mempertimbangkan tautan dan subdomain internal dan eksternal Anda untuk menghasilkan skor akhir yang menggambarkan bagaimana situs web Anda dibandingkan dengan domain lain dalam hal strategi penautan.

Lantas, apa yang dimaksud dengan peringkat domain?

Peringkat domain Ahrefs sangat berbeda dari otoritas domain. Skor peringkat domain Anda tergantung pada kekuatan backlink situs web Anda dibandingkan dengan situs web lain yang tercatat dalam database Ahrefs, dan skornya dapat dikategorikan pada skala 100 poin.

Tiga faktor yang mempengaruhi skor peringkat domain Anda adalah jumlah situs web yang tertaut kembali ke situs web Anda, skor DR dari situs web tersebut, dan jumlah domain yang ditautkan oleh masing-masing situs web di atas secara terpisah.

Baca Juga: Tips dan Trik Menjadi Konten Kreator Populer di Indonesia

Akhir kata, DR bersifat algoritmik, yang berarti bahwa memperoleh peringkat yang lebih baik bergantung pada posisi awal Anda. Misalnya, lebih mudah untuk memperoleh peringkat dari Level 10 ke Level 20 daripada dari Level 79 ke Level 80.

Apakah peringkat domain penting bagi SEO?

Menurut Ahrefs, tidak terdapat bukti pasti bahwa peringkat domain, otoritas domain, atau segala jenis kekuatan domain akan mempengaruhi peringkat mesin pencari.

Walau bagaimanapun, sulit untuk membayangkan bahwa dua situs web memberikan informasi yang sama, tetapi satu memiliki profil backlink yang kuat dan yang lain tidak memilikinya, akan memiliki peringkat yang sama pada halaman hasil mesin pencari (SERP).

Fakta menunjukkan bahwa rata-rata rasio klik-tayang (CTR) untuk posisi pertama di Google saat ini adalah 43,32 persen. Sebaliknya, posisi ke-10 hanya memiliki peluang 3,11 persen untuk diklik oleh pencari.

Seperti yang dapat dilihat, perbedaan ini cukup substansial. Apa maknanya?

Ini berarti bahwa semakin tinggi Domain Rating (DR) Anda, semakin tinggi peluang Google untuk menempatkannya di bagian atas daftar di halaman pertama hasil pencarian.

Memiliki salah satu posisi teratas di SERP akan memberikan Anda lebih banyak pengunjung. Pada gilirannya, Anda memiliki akses ke pendapatan iklan yang lebih tinggi dan cara yang lebih menguntungkan untuk memonetisasi situs web Anda.

Peringkat domain memegang peran yang sangat penting dalam bagaimana situs web Anda dinilai oleh mesin pencari dan pengunjung.

Berikut adalah 7 taktik yang terbukti efektif untuk meningkatkan peringkat domain dan otoritas domain Anda.
1. Menulis Konten Berkualitas Tinggi yang Dicari dan Dikaitkan Oleh Orang Lain

Apabila Anda mempertimbangkan cara meningkatkan peringkat domain, tidak ada yang lebih baik dari menghasilkan konten berkualitas tinggi secara konsisten.

Saat pengunjung tiba di situs web Anda untuk pertama kalinya, mereka akan membuat keputusan penilaian dalam waktu kurang dari satu menit. Ingatlah bahwa orang-orang menjelajahi internet mencari jawaban. Oleh karena itu, konten Anda harus memberikan solusi yang cepat dan efektif untuk pertanyaan mereka.

Baca Juga: Mencintai Diri Sendiri dengan 10 Cara Self Love untuk Menemukan Kebahagiaan Sejati

Konten berkualitas premium yang berkualitas informatif, mendidik, dan dipenuhi dengan statistik yang bernilai. Bagaimana ini membantu meningkatkan DR Anda?

Sebagai situs web Anda berkembang, ini menjadi perpustakaan online yang luas dari informasi yang dapat dipercayai. Orang-orang tidak hanya sering datang ke sana, tetapi mereka juga berbagi tautan ke sana dengan orang lain. Selain itu, situs web lain juga menautkan kembali kepada Anda sebagai sumber kecerdasan otoritatif.

Jika Anda baru memulai karir blogging Anda, ingatlah untuk tidak pernah mempublikasikan konten berkualitas rendah. Jika Anda memiliki blog lama yang berkinerja rendah, Anda selalu dapat menggunakan kembali konten untuk meningkatkan peringkat domain.

2. Promosikan Topik Anda pada Situs Web Otoritatif

Meskipun situs Anda mungkin memiliki konten terbaik di dunia maya, situs lain tidak akan membuat tautan kembali ke situs Anda jika mereka tidak tahu bahwa itu ada.

Salah satu cara efektif untuk meningkatkan peringkat domain Anda adalah dengan mengajukan "kolaborasi tautan" ke situs web lain yang lebih dikenal dan memiliki otoritas. Berikut adalah beberapa situs yang patut untuk dipertimbangkan:

  • Orang-orang yang disebutkan dalam posting blog Anda
  • Situs web yang memiliki konten yang serupa dengan situs Anda
  • Domain yang sudah terhubung ke situs lain tentang topik yang serupa

Ajukan permintaan Anda dengan nada profesional dan percaya diri. Selain itu, berbicaralah dengan baik mengenai konten lain yang terdapat pada situs web mereka. Dengan begitu, Anda dapat menunjukkan bahwa Anda up-to-date dengan jenis konten mereka.

Baca Juga: Penanganan Pertama Saat Kucing Mencret

Kemudian, bicaralah tentang konten Anda dan jelaskan apa yang membuatnya berharga. Ingatlah bahwa situs-situs tersebut mungkin menerima ribuan permintaan seperti ini setiap bulannya. Oleh karena itu, presentasi Anda harus tepat untuk memastikan artikel Anda diterbitkan pada situs web mereka.

3. Sertakan Fitur Responsif pada Situs Web Anda

Menurut hasil riset dari Statista, saat ini sudah lebih dari 6,3 miliar individu yang memanfaatkan smartphone. Dalam periode 2026, jumlah pelanggan smartphone akan terus mengalami peningkatan sebesar 1,5 miliar orang. Oleh karena itu, memiliki situs web yang bersahabat dengan perangkat mobile bukanlah pilihan bebas, melainkan suatu kewajiban.

Situs web Anda harus mudah dicapai dari berbagai perangkat, mulai dari komputer desktop hingga smartphone dan tablet. Apabila tidak, Anda akan kehilangan jumlah lalu lintas dan otoritas yang potensial. Selain itu, Google juga dapat memberikan sanksi atas situs web Anda yang tidak responsif, sehingga akan mempengaruhi skor peringkat domain Anda.

Investasikan waktu Anda untuk memastikan bahwa situs web Anda memberikan pengalaman yang seragam di segala jenis perangkat. Lebih jauh lagi, Anda bisa melakukan inovasi dengan menyertakan fitur aksesibilitas bagi pengguna dengan disabilitas. Gunakan widget untuk membantu pengunjung yang memiliki keterbatasan untuk mengubah ukuran font, kontras, dan lain-lain.

4. Mengokohkan Profil UR Anda dengan Tautan Internal

Semua konten memang diciptakan sama, tetapi ada beberapa yang lebih istimewa dari yang lain. Ini berarti bahwa meskipun Anda memiliki banyak artikel di situs web Anda, hanya sebagian kecil yang menjadi karya Anda yang paling menarik atau yang ingin Anda tarik lebih banyak pengunjung.

Baca Juga: Tak Perlu ke Dokter, Coba 6 Cara Ini untuk Mengobati Diare di Rumah

Kelebihan dari pengecek peringkat domain Ahrefs adalah ia juga memberikan skor untuk Peringkat URL (UR) situs Anda. Metrik ini didasarkan pada backlink seperti DR. Namun, UR tidak hanya mengukur jumlah dan kualitas tautan dari situs web lain ke situs web Anda, melainkan juga mempelajari faktor-faktor lain untuk setiap halaman.

Oleh karena itu, pastikan untuk menghubungkan artikel Anda melalui tautan internal yang bermanfaat. Tautan ini dapat memberikan pengalaman navigasi yang efektif bagi pengunjung antar sumber informasi yang bermanfaat. Langkah ini sangat penting dalam memahami bagaimana meningkatkan peringkat domain.

5. Maksimalkan Kualitas Konten dan Jawab Pertanyaan yang Ditemukan

Agar menjadi lebih menarik, konten Anda harus memiliki kualitas tinggi dan terdokumentasi dengan baik serta mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin timbul terkait topik yang dibahas.

Alat peringkat domain mungkin tidak banyak membantu dalam hal ini, solusi terbaik adalah dengan menggunakan penelitian kata kunci gratis dan alat bantu ide konten seperti AnswerThePublic.

Answer The Public adalah alat visual yang luar biasa yang mencakup setiap pertanyaan yang pernah diajukan secara online mengenai hampir setiap topik yang relevan dan mudah digunakan, bahkan bagi pemula. Caranya cukup dengan mengetikkan kata kunci dan menemukan pertanyaan apa yang sering diajukan orang terkait hal tersebut.

Dengan demikian, Anda dapat memanfaatkan hasilnya untuk mengubah konten Anda sehingga menjawab pertanyaan paling populer yang muncul secara online.

6. Diversifikasi Eksposur Konten Anda pada Berbagai Platform

Jika sedang bingung bagaimana meningkatkan peringkat domain Anda, Anda harus memperhatikan strategi diversifikasi eksposur konten. Misalnya, salah satu faktor yang mempengaruhi peringkat mesin pencari adalah volume pencarian istilah tertentu.

Untuk memudahkan, orang harus menemukan lebih dari satu tautan ke blog Anda melalui pencarian sederhana. Dan, Anda bisa memperoleh ini dengan memiliki versi video dari artikel Anda di YouTube. Atau, diskusikan bersama tamu lain dalam podcast.

Dengan begitu, saat pengguna mencari konten Anda, mereka akan menemukannya dalam berbagai format. Akhirnya, domain Anda akan meningkatkan reputasi dan DR-nya.

7. Berkontribusi Melalui Media Sosial untuk Menemukan Tanda Sosial

Kredibilitas sebuah domain sering dibentuk oleh lalu lintas mesin pencari organik, yang bisa dicapai dengan menghasilkan konten berkualitas tinggi yang layak untuk dibagikan.

Tentu saja, Anda berharap agar pembaca setia Anda dapat membantu membagikan konten Anda di media sosial. Namun, Anda juga bisa meningkatkan usaha mereka dengan memposting konten Anda langsung ke platform media sosial.

Buka akun di saluran media sosial populer seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan Twitter untuk mengambil kesempatan menceritakan kembali kisah Anda dalam format yang berbeda. Di platform ini, Anda bisa memposting beragam hal seperti video, gambar, komentar, hingga jingle audio.

Transformasikan konten Anda agar bisa diakses oleh pengguna media sosial. Sinyal yang lebih banyak dari platform ini akan meningkatkan skor peringkat domain Anda dan memperkuat otoritas situs Anda.

Bagikan ke


Pilihan Untuk Anda